Jakarta

Fatty liver atau hati yang dilapisi lemak berbahaya bagi kesehatan. Cara mengatasinya yang paling mudah adalah dengan membuat ramuan minuman hangat dengan 5 bahan alami ini.

Perlemakan hati adalah suatu kondisi dimana kelebihan lemak menumpuk di hati. Mengutip halodoc.com, seseorang bisa dinyatakan terjangkit penyakit ini jika detak jantungnya tidak normal. Misalnya 5-10 persen lebih berat.

Penyakit hati berlemak biasanya disebabkan oleh konsumsi junk food yang berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan, berujung pada gaya hidup tidak sehat.

Gangguan hati berlemak juga menjadi perhatian banyak orang. Hati berlemak dapat menyebabkan disfungsi hati. Gangguan fungsi hati dapat memicu masalah yang lebih fatal.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Penyakit hati berlemak jika tidak segera diobati dapat memicu terjadinya peradangan pada hati, sirosis, bahkan penyakit jantung.

Oleh karena itu, banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk beralih ke pola makan yang lebih sehat dan seimbang.

Faktanya, rutin mengonsumsi bahan-bahan sederhana, seperti membuat minuman air hangat dengan tambahan bahan alami, dapat mengatasi kondisi perlemakan hati.

Melansir Times of India (13/01), berikut 5 bahan makanan alami yang bisa ditambahkan ke dalam air hangat untuk mengatasi penyakit ini.

1. jeruk nipis

manfaat lemon dan jeruk nipisKandungan vitamin C dan antioksidan pada lemon mampu mengurangi peradangan atau oksidasi pada hati. Foto: Getty Images/iStockphoto

Lemon adalah sumber vitamin C dan antioksidan yang baik. Anda bisa meminum air hangat dengan perasan lemon setiap pagi untuk mengurangi lapisan lemak di hati. Menambahkan lemon ke air hangat juga membantu detoksifikasi.

Air hangat dengan lemon dapat mengurangi peradangan atau oksidasi pada hati. Pasalnya lemon mengandung naringenin yang mampu mengurangi peradangan.

Minum air lemon hangat juga dapat membantu pencernaan lebih baik dan meningkatkan fungsi hati.

2. Kunyit

kunyit asam atau ramuan kunyit asam.Kunyit mengandung kurkumin yang secara alami dapat mengatasi masalah perlemakan hati. Foto: Getty Images/Ika Rakhmawati Hilal

Menambahkan sedikit kunyit ke dalam segelas air hangat adalah pilihan yang tepat. Kurkumin, senyawa aktif dalam kunyit, memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan.

Menurut beberapa penelitian yang dikutip oleh Times of India, kunyit secara alami dapat membantu membalikkan NAFLD (perlemakan hati non-alkohol).

Kunyit mengandung flavonoid, minyak atsiri, vitamin C dan E, serta selenium yang mampu mencegah pembentukan asam lemak tak jenuh dan lipid peroksida yang berpotensi menyebabkan perlemakan hati, lapor ojjs.uma.ac.id.

Oleh karena itu, menambahkan kunyit ke dalam air hangat dan mengonsumsinya secara rutin dapat membantu memperbaiki kondisi liver.

3. Jahe

5 jajanan pinggir jalan ini sudah ada selama ratusan tahun, bir jahe dan belut rebusJahe dapat mengurangi stres oksidatif dan penumpukan lemak hati. Foto: iStock/Situs Ilustrasi

Jahe juga mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat berkontribusi terhadap kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Namun menurut beberapa penelitian, jahe memberikan potensi manfaat bagi kesehatan hati, dan membantu mengurangi penumpukan lemak di hati.

Kandungan antioksidan pada jahe diduga mampu mengurangi stres oksidatif pada perlemakan hati. Bahkan, senyawa di dalamnya diklaim mampu mengurangi resistensi insulin dan mencegah peradangan.

Anda bisa menambahkan irisan jahe ke dalam air hangat atau merebus jahe langsung dalam air mendidih.

Daftar makanan lain yang bisa mencegah perlemakan hati bisa dilihat di halaman berikutnya!

Menonton video “Pangsit lezat dengan berbagai rasa dan es jeruk segar
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *