Jakarta

Kopi sering dinikmati saat sarapan. Namun, pada beberapa orang menyebabkan gangguan pencernaan. Atasi dengan tips sederhana berikut ini.

Banyak orang menikmati kopi pagi saat sarapan. Minum kopi di pagi hari dapat menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas sepanjang hari.

Beberapa orang bisa merasakan manfaat kopi di pagi hari. Namun, banyak orang justru menderita masalah kesehatan pencernaan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Melaporkan dari Well and Good (21/1), Maddie Pasquariello selaku ahli diet menjelaskan efek minum kopi. “Minum kopi menyebabkan lambung memproduksi asam. Anda juga mungkin mengalami peningkatan pergerakan usus, peningkatan detak jantung, dan peningkatan tekanan darah saat minum kopi dalam keadaan perut kosong,” jelasnya.

Pasquariello mengatakan meminum kopi ini berpotensi menyebabkan sakit maag. “Terus menerus minum kopi dalam keadaan perut kosong bisa menyebabkan sakit maag,” ujarnya.

Kopi juga disebut-sebut dapat menekan nafsu makan sehingga banyak orang yang menjadikannya sebagai minuman diet. Namun, kopi juga dapat menghambat kemampuan mengikuti pola makan gizi seimbang.

“Dengan minum kopi alih-alih sarapan padat nutrisi, Anda mungkin kehilangan kontribusi terhadap asupan makronutrien secara keseluruhan untuk hari itu,” katanya.

Jika Anda memiliki usus yang sehat, Anda tidak perlu khawatir untuk minum 1-2 cangkir kopi di pagi hari. Namun, jika Anda memang memiliki masalah dengan kesehatan usus, sebaiknya pertimbangkan kembali.

Beberapa tips mungkin bisa digunakan agar minum kopi di pagi hari tidak menyebabkan gangguan pencernaan.

Berikut 3 tips minum kopi yang mudah diikuti:

1. Minum air putih terlebih dahulu

Saat Anda tertidur, tubuh Anda mengeluarkan air melalui pernapasan. Penting untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik, jadi minumlah air putih saat pertama kali bangun tidur.

Minum air putih juga dapat mengurangi efek kafein saat minum kopi di pagi hari. “Ini membantu tubuh mendapatkan kembali cairan setelah tidur malam yang nyenyak, meningkatkan pencernaan, dan meningkatkan metabolisme yang sehat,” kata Pasquariello.

Menonton video “M. Aboe Talib Kedai Kopi Tabanan Menyajikan Kopi Susu Saring Sejak Tahun 1940
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *