Jakarta

Karena salah memilih makanan, banyak yang menderita kelumpuhan. Akibat kurang memahami kondisi tubuh dan dampak dari asupan makanan yang dipilih.

Salah memilih makanan bisa berakibat fatal. Bahkan pada beberapa kasus bisa berujung pada kelumpuhan bahkan kematian yang berakhir tragis.

Pilih-pilih makanan tidak selalu buruk. Dalam beberapa kasus, memilih makanan dengan baik dan benar bahkan bisa menyelamatkan tubuh dari berbagai penyakit dan bakteri yang menyebar. Namun sayangnya, banyak orang yang kurang memperhatikan makanan yang disantapnya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Akibatnya, mereka mengalami kelumpuhan bahkan kematian setelah mengonsumsi beberapa jenis makanan. Misalnya ada seorang laki-laki yang tiba-tiba lumpuh setelah makan ayam kurang matang, lalu ada lagi yang lumpuh setelah makan taco, lalu lumpuh setelah makan ratusan potong ayam.

Dilaporkan dari berbagai sumber di bawah ini, lima kasus kelumpuhan akibat makanan.

1. Makanan Kalengan

makanan kalengmakanan kaleng Foto: iStock

Penting untuk selalu memeriksa tanggal kadaluwarsa suatu makanan sebelum memakannya, untuk meminimalisir masuknya penyakit dan bakteri yang tidak terduga ke dalam tubuh. September lalu, seorang wanita menjadi lumpuh setelah makan sup.

Kejadian ini terjadi di Perancis, seorang wanita makan sup dari makanan kaleng yang sudah basi. Kondisinya mulai memburuk, dan ia mulai tidak mampu menggerakkan tubuhnya.

Ternyata setelah diselidiki lebih lanjut, wanita tersebut terserang botulisme, yaitu kondisi keracunan yang cukup serius. Keracunan ini disebabkan oleh bakteri Clostridium botulinum, dan cukup berbahaya bagi kesehatan.

2. Ayam Mentah

Tak takut keracunan, pria ini rajin menyantap paha ayam mentah Gambar Ayam Mentah: Berita Situs

Seorang pria bernama Richard Jackson, yang berasal dari Inggris, mengalami kelumpuhan dari leher ke bawah, setelah ia makan ayam setengah matang di sebuah restoran.

Penyebab kelumpuhannya ternyata adalah keracunan makanan yang menyebabkan kondisi autoimun hingga membuatnya koma dan kritis. Selama 10 hari, Richard tidak sadarkan diri, dan untungnya nyawanya terselamatkan.

Namun, ia masih perlu belajar berjalan dan menggerakkan tubuhnya lagi. Jadi dokter kembali mengingatkan kami bahwa penting untuk memastikan masakan ayam dimasak dengan sempurna.

3. Kari Ayam

Resep Kari Ayam Merah Kari Ayam Merah Foto: iStock

Kari ayam terdengar seperti hidangan yang lezat dan tidak berbahaya. Namun ternyata, makanan ini bisa menyebabkan kelumpuhan. Seperti yang dialami pria bernama David Braham asal Inggris, ia mengaku merasa mual dan lemas usai makan.

Saat itu ia baru saja selesai makan gulai ayam, kondisi kesehatannya terus menurun sejak 4 hari terakhir. Ia dilarikan ke rumah sakit, dan menurut dokter, Braham tampaknya mengalami keracunan makanan yang disebabkan oleh bakteri bernama campylobacter.

Karena itu, Braham mulai merasakan sensasi aneh di sekujur tubuhnya, dan dia mulai kesulitan menggerakkan tangan dan ototnya dari wajah hingga ke tubuhnya. Beruntung dengan kegigihannya, Braham bisa bangun dan kembali beraktivitas normal.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *