Jakarta

Seorang pria kaget usai membeli jajanan cakwe di Singapura. Pria ini kesal karena harga cakwe kini naik hingga Rp 14 ribu per potong!

Singapura merupakan salah satu negara yang terkena dampak inflasi. Situasi ini menyebabkan harga pangan dan pangan di negara ini meningkat drastis.

Kenaikan harga pangan di Singapura tidak hanya menjadi kendala bagi wisatawan asing yang berkunjung ke negara tersebut, namun juga membebani warga Singapura.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Masyarakat Singapura masih belum menyadari bahwa harga jajanan kaki lima di sana telah meningkat pesat. Kasihan sekali perasaan pelanggan ini.

Melalui postingan di grup Facebook Pengaduan Singapura, Sen Ly mengaku terkejut usai membeli cakwe di salah satu warung pinggir jalan di Singapura.

Ia tak menyangka harga cakwe di Singapura kini mencapai $1,20 atau sekitar Rp 14 ribu. Menurut Sen Ly, harga youtiao atau cakwe di Singapura mengalami kenaikan akibat kenaikan biaya GST atau pajak, lapor theindepensent.sg (20/01)

Menurut dia, kenaikan pajak GST sebesar 1 persen membuat harga pangan naik 10 persen.

Menyesali! Pria ini membeli cakwe hingga Rp 14 ribu per potongPelanggan ini tak menyangka harga cakwe kini mencapai Rp 14 ribu. Foto: independen.co.uk / Facebook

Pelanggan ini diketahui membeli cakwe di Marine Terrace Hawker Centre, Singapura. Ia membeli cakwe dan mendapat informasi dari penjualnya bahwa mulai 1 Januari 2024, harganya akan naik 10 sen per potong.

Kalau dulu harga buah cakwe $1 atau Rp 11 ribu, kini harganya naik menjadi $1,20 atau Rp 14 ribu.

Mengetahui hal ini, pelanggan ini awalnya tidak percaya. Pasalnya jajanan cakwe yang sederhana ini dijual dengan harga yang sangat mahal.

“Ini sangat berlebihan. Makanan masyarakat miskin ini menjadi sangat mahal,” jelasnya.

Unggahan ini pun menarik perhatian netizen lainnya. Banyak netizen yang bingung kenapa harga makanan ini perlu dinaikkan.

Seorang netizen mempertanyakan kenaikan harga cakwe. Pasalnya, cakwe hanyalah masakan yang sebagian besar menggunakan tepung dan baking powder. Tidak masuk akal jika harganya kini naik dan menjadi sangat mahal.

Menyesali! Pria ini membeli cakwe hingga Rp 14 ribu per potongPelanggan ini menemukan cakwe di Marrine Terrace Hawker Singapura. Foto: Ulasan Google / Cheok KB

Netizen lainnya mengungkapkan, harga cakwe di PKL lain juga mengalami kenaikan.

“Desa makanan Boon Lay Hawker juga meningkat sebesar 10 persen. Sekarang $1,10… Anda dapat melihat lebih sedikit pedagang yang membeli di akhir pekan,” jelasnya.

Mulai 1 Januari 2024, negara tetangga menaikkan pajak GST (Pajak Barang dan Jasa) menjadi 9 persen. Sejak itu, masyarakat Singapura berusaha menyesuaikan kebutuhan mereka dan mencari makanan alternatif atau produk yang lebih murah.

Menonton video “Sangat unik! Warung-warung ini menggunakan tali dan ember untuk mengantarkan makanan
[Gambas:Video 20detik]
(Aqr/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *