Jakarta

Ada pepatah yang mengatakan “Berjalan ke suatu tempat rasanya kurang lengkap jika belum mencicipi lezatnya masakan tempat itu.” Hal ini tentunya juga terjadi jika seseorang berkunjung ke Surabaya, Jawa Timur.

Ada banyak makanan enak yang bisa Anda coba saat ke Surabaya. Hidangan kuliner yang ditawarkan sebagian besar merupakan makanan khas Kota Pahlawan.

Lantas, di mana saja tempat makan enak di Surabaya yang layak untuk dicoba? Simak sarannya pada uraian di bawah ini.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Tempat Makan Yang Bagus

Berikut daftar tempat makan yang terkenal enak di Surabaya dan banyak mendapat review di Google Maps.

sate klopo ondomohenFoto: detikFood

1. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Jika Anda ingin mencoba sate klopo khas Surabaya, Anda bisa mencoba Sate Klopo Ondomohen Bu Asih. Lokasinya di Jalan Walikota Mustajab No. 36, Ketabang, Genteng, Surabaya.

Di sini mereka menawarkan sate klopo yang terbuat dari daging sapi atau lemak, dan ayam. Sate Klopo sendiri merupakan sate yang dilumuri kelapa dan bumbu lainnya sebelum dipanggang. Lalu disantap dengan bumbu kacang seperti sate pada umumnya.

Ada juga menu sate lainnya seperti sate usus, sate sumsum, dan sate otot. Dari segi harga, mulai dari Rp 31.000 kamu sudah bisa menikmati sate di Sate Klopo Ondomohen Bu Asih.

2. Sego Sambel Mak Yeye

Masakan selanjutnya yang terkenal dengan kelezatannya adalah Sego Sambel Mak Yeye. Sesuai dengan namanya, menu yang ditawarkan adalah sambal sego.

Sambal sego lengkap yang disajikan terdiri dari nasi, ulam iwak pe atau ikan pari asap, tempe goreng, telur dadar dan banyak sambal sambal pedas. Hanya dengan Rp 22.000 saja Anda sudah bisa menikmati cita rasa menu ini.

Sego Sambel Mak Yeye terletak di Jagir Jagir Wonokromo Wetan No. 10, Wonokromo, Surabaya Angkringan Sambal sego buka setiap hari mulai pukul 16.00-01.00. Meski buka dari siang hingga tengah malam, tempat makan ini selalu ramai dikunjungi pembeli.

3. Rawon Setan Embong Malang

Jika ingin menyantap rawon enak di Surabaya, Anda bisa pergi ke Rawon Setan Embong Malang. Lokasinya di Jalan Embong Malang, Genteng, Surabaya.

Rawon yang ditawarkan di sini memiliki potongan daging yang besar dan empuk dipadukan dengan kuah hitam yang nikmat. Menu rawon dibanderol dengan harga Rp 35.000 untuk porsi dengan nasi, dan Rp 48.000 untuk porsi terpisah.

Selain rawon juga ada nasi osek, nasi campur, nasi pecel, dan nasi daging bali. Ada juga lauk pauknya seperti limpa, empal, telur, tempe, sate usus dan sate telur.

4. Bebek Goreng Sinjay

Di Surabaya juga ada kuliner bebek goreng enak yaitu Bebek Goreng Sinjay di Jalan Ahmad Yani, Jemur Wonosari, Wonocolo, Surabaya. Restoran ini ramai pengunjung terutama pada jam makan siang.

Meski restoran ini merupakan cabang Bebek Sinjay di Bangkalan, Madura, namun menu nasi bebek yang disajikan sangat orisinal. Bebek goreng renyah dengan daging lembut dan sambal pensil yang nikmat sungguh menggugah selera.

Kalkulator Rawon SurabayaFoto: dok. detikFood

5. Kalkulator Rawon

Ada lagi restoran rawon legendaris yang sering dikunjungi di Surabaya yaitu Rawon Kalkulator. Menu rawon di sini terkenal dengan kelezatannya dengan kuah yang enak dipadukan dengan daging yang besar dan empuk.

Tak hanya rawon, ada juga menu sop daging, lauk empal goreng, babat, paru, telur asin, perkedel, bahkan rambak dan kerupuk emping.

Lokasi Rawon Kalkulator berada di Pusat PKL Taman Bungkul di Jalan Raya Darmo, Wonokromo, Surabaya. Uniknya, penjual di sini tidak menggunakan kalkulator saat menghitung total biaya makanan dengan cepat. Oleh karena itu, restoran ini dinamakan Rawon Kalkulator.

Sop Ayam Ambengan Pak Sadi (Original)Foto: dok. detikFood

6. Soto Ambengan Pak Sadi

Berikutnya Soto Ambengan Pak Sadi. Tempat makan soto ayam ini terkenal kelezatannya di Surabaya, bahkan masuk dalam daftar restoran tradisional terbaik di Indonesia versi TasteAtlas.

Menu soto ayam yang ditawarkan disini beragam, bisa ditambah lauk pauk seperti daging berkulit, brutu rongong, jeroan dan telur muda.

Soto Ambengan Pak Sadi terletak di Jalan Ambengan No. 3A, Ketabang, Genteng, Surabaya. Rumah makan soto ini memang melegenda dan sudah berdiri kurang lebih 50 tahun.

7. Warung Leko Manyar

Tempat makan enak di Surabaya selanjutnya adalah Warung Leko Manyar. Beragam lauk pauk tersedia di sini, namun yang utama adalah iga. Menunya ada iga penyet, iga goreng tepung, iga bakar, dan sop iga.

Selain itu juga disiapkan lauk pauk dari ayam, bebek, empal, cingur, udang, lele, gurami, aneka sop, tumisan dan sambal. Mulai dari Rp 20.000 saja, kamu sudah bisa menikmati menu lezat di restoran ini.

Kalau mau ke sini lokasinya di Jalan Manyar Kertoarjo, Mojo, Gubeng, Surabaya. Warung Leko Manyar buka setiap hari mulai pukul 10.00-22.00.

Rawon Pak Pangat, rawon empal parut enak yang melegenda di Surabaya.Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

8. Rawon Pak Pangat Wonokromo

Masih ada rumah makan rawon yang enak di Surabaya, ada Rawon Pak Pangat Wonokromo. Masakan Rawon sudah melegenda sejak didirikan pada tahun 1969.

Menu yang tersedia disini adalah nasi rawon suwir, nasi krengsengan rawon, nasi campur rawon, nasi krengsengan dan nasi campur. Ada juga lauk tempe, telur asin, dan sate paru. Harga nasi rawon mulai dari Rp 35.000 saja per porsinya.

Rumah makan Rawon Pak Pangat Wonokromo mempunyai beberapa cabang di Surabaya. Pusatnya di DTC (Darmo Trade Center), sedangkan cabangnya di Ruko Lotus, Jalan Ketintang Baru Selatan, Gayungan, dan di Ruko Delta Niaga Utara, di Perum Delta Sari Baru, Waru, Surabaya.

9. Warung Tempe Penyet Mbak Noer

Jika Anda ingin menyantap menu penyet di Surabaya, Anda bisa mencobanya di Warung Penyet Mbak Noer. Lokasinya di Jalan Jagir Wonokromo No. 120, Wonokromo, Surabaya.

Di tempat ini tersedia lauk pauk ikan asap, ikan pe, ikan mujair, lele, ikan dorang, bandeng, ayam goreng, dadar, sate usus, hati ampela, dan tempe goreng yang bisa dipesan dengan nasi hangat, lalapan, dan sambal. pedas lezat

Nasi pecel sambal rawon di Pecel Pucang Moroseneng SurabayaFoto: Nabila Meidy Sugita/detikJatim

10. Nasi Rawon Pecel Pucang Moroseneng

Masih dengan menu rawon enaknya di Surabaya, ada Nasi Pecel Rawon Pucang Moroseneng. Selain nasi rawon, menu nasi pecel yang terkenal juga tersedia di sini. Ada juga tambahan lauk pauk seperti empal, paru dan telur asin.

Lokasinya di Jalan Pucang Anom No. 17, Pucang Sewu, Gubeng, Surabaya, tepatnya di depan Toko Tekstil Moro Seneng. Pelanggan yang datang dan ingin makan di lokasi disediakan area tempat duduk tepat di depan toko.

Nah, itulah daftar tempat makan enak di Surabaya yang bisa kamu kunjungi.

Menonton video “Cita Rasa Rawon Bar Otentik dengan Sentuhan Kontemporer
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *