Jakarta

Kopi merupakan minuman yang biasa diminum setiap hari. Beberapa orang suka minum kopi di malam hari. Tubuh bisa merasakan beberapa efek dari minum kopi.

Kopi merupakan minuman yang biasa diminum setiap hari. Memiliki rasa yang pahit dan pedas, namun banyak orang yang menyukainya karena kandungan kafein pada kopi dapat berperan dalam meningkatkan energi.

Biasanya kopi rutin diminum pada pagi hari, namun tak jarang pula orang meminumnya pada sore hari. Meskipun dapat meningkatkan energi dan meningkatkan semangat, namun dapat menimbulkan efek samping negatif.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Melaporkan dari Live Strong (20/1), dampak negatif minum kopi dapat mempengaruhi tidur seseorang:

1. Menimbulkan Kecemasan

Ahli diet May Zhu mengungkapkan bahwa kopi dapat meningkatkan energi, karena kandungan kafeinnya. “Kopi mengandung kafein yang bersifat stimulan agar tubuh terasa lebih terjaga dan waspada,” ujarnya.

Namun, banyaknya kafein yang dikonsumsi di sore hari justru bisa membuat Anda gelisah. Selain rasa gugup, hal ini juga dapat menimbulkan efek gugup dan detak jantung yang cepat dapat menjadi tanda bahwa Anda terlalu banyak minum kopi.

2. Mempengaruhi Waktu Tidur

Ilustrasi susah tidurIlustrasi Insomnia Foto: iStockphoto/Getty Images/torwai

Secara umum, waktu tidur normal adalah 8 jam sehari. Namun, waktu tidur seseorang bisa menjadi singkat akibat efek minum kopi di sore hari.

Zhu berkata, “Karena kafein menstimulasi sistem saraf pusat yang membuat kita waspada dan terjaga. Jika diminum mendekati waktu tidur, dapat mengganggu tidur nyenyak. Kita perlu merasa segar saat bangun.”

Sebuah studi pada bulan Februari 2017 di Sleep Medicine Reviews menemukan bahwa kafein tidak hanya membuat orang tetap terjaga, tetapi juga mengurangi jumlah dan kualitas tidur seseorang.

Masalahnya, jika minum kopi di sore hari menjadi sebuah kebiasaan, hal ini dapat membahayakan kesehatan Anda dalam jangka panjang. Kurang tidur sering dikaitkan dengan risiko diabetes, depresi, dan masalah jantung yang lebih tinggi.

Menonton video “M. Aboe Talib Kedai Kopi Tabanan Menyajikan Kopi Susu Saring Sejak Tahun 1940
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *