Jakarta

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan makanan nabati yang baik untuk dikonsumsi secara rutin. Dari sekian banyak jenis yang ada, ahli gizi mengungkap 5 yang terbaik. Ini daftarnya.

Selain buah-buahan dan sayur-sayuran, makanan nabati juga mencakup berbagai kacang-kacangan dan biji-bijian. Keduanya memiliki profil nutrisi unik yang membantu menyehatkan tubuh.

Sekilas kacang-kacangan dan biji-bijian terlihat mirip. Namun sebenarnya mereka berbeda.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Mengumpulkan Pos Pagi Tiongkok Selatan (24/1/2024), biji-bijian sebenarnya adalah benih yang merupakan awal mula tumbuhnya tumbuhan. Di dalam biji-bijian terdapat endosperm, sumber nutrisi yang kaya untuk pertumbuhan tanaman.

Sedangkan kacang-kacangan, termasuk yang populer seperti hazelnut dan chestnut, merupakan biji buah yang bisa dimakan. Daging buahnya tidak dimakan.

Namun tidak semua kacang adalah kacang asli. Beberapa jenis kacang-kacangan merupakan biji buah. Contohnya adalah kacang Brazil, almond dan kacang mete.

Ada banyak jenis kacang-kacangan dan biji-bijian, tapi satu hal yang pasti, semuanya menyehatkan. Ahli gizi Hong Kong, Sandra Carvajal mengungkap mengapa kacang-kacangan dan biji-bijian menyehatkan tubuh.

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber mineral dan lemak sehat yang baik

Varietas biji-bijian dan kacang-kacangan.Foto: iStock

Pertama, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan makanan padat nutrisi yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Mereka kaya akan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan berbagai fungsinya.

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga merupakan sumber lemak sehat sehingga konsumsinya baik untuk kesehatan jantung. Bahkan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Manfaat lainnya, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber antioksidan yang baik untuk melawan berbagai peradangan tubuh. Makan segenggam kacang-kacangan atau biji-bijian akan memberikan dorongan energi yang kuat dengan kandungan protein, serat, vitamin, kalsium dan minyak omega 3.

Perbedaan nutrisi kacang-kacangan dan biji-bijian

Menurut Carjaval, kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki kandungan makronutrien (protein, karbohidrat, dan lemak) yang sama. Namun keduanya berbeda dalam kandungan mineral dan vitaminnya.

Kacang tanah dan almond misalnya, diketahui tinggi vitamin C dan B3. Sedangkan kacang pistachio mengandung vitamin A, kacang mete mengandung vitamin B, dan kacang almond kaya akan vitamin B2.

Dari segi mineral, almond, kacang mete, dan kacang pinus kaya akan magnesium. Kemudian pistachio, almond, chestnut, hazelnut, dan kacang tanah memiliki kandungan potasium yang lebih tinggi. Berbeda dengan chia seed dan flax seed yang terkenal kaya akan zat besi.

Karena kandungan nutrisinya yang beragam, Carjaval menganjurkan untuk mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian yang bervariasi setiap harinya. Jumlahnya 30 gram atau sekitar segenggam di tangan orang dewasa.

Jadi kacang dan biji apa yang paling sehat? Baca di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *