Jakarta

Susu nabati seperti susu kedelai dapat dicampurkan menjadi campuran kopi yang nikmat. Namun, terkadang adonan menjadi kental karena beberapa alasan.

Kopi susu seringkali menjadi pilihan minuman yang nikmat. Tidak hanya menggunakan susu sapi saja, bisa juga dicampur dengan susu nabati seperti susu kedelai.

Susu kedelai juga menghasilkan campuran kopi yang kental. Tak hanya creamy, namun juga memperkaya rasa dengan menghadirkan sensasi pedas yang nikmat.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Dilansir Coffee Affection (23/1), mencampurkan susu kedelai ke dalam secangkir kopi ternyata bisa mengentalkan adonan. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Suhu dan keasaman merupakan dua faktor penyebab pengentalan. Namun, faktor pendorongnya adalah bakteri yang ada di dalam susu.

Proses pengentalan ini juga bisa disebabkan karena kopi bersifat asam secara alami. Kopi asam ini mendorong proses koagulasi tanpa campur tangan bakteri, sehingga jika ditambahkan susu kedelai terkadang mengental.

Suhu yang panas juga bisa menjadi faktor lainnya. Jika kopi terlalu panas, jangan langsung menuangkan susu kedelai ke dalam kopi.

Lantas, bagaimana caranya agar kopi tidak kental jika dicampur susu kedelai?

Penjelasannya ada di halaman berikutnya.

Menonton video “Kedai Kopi M. Aboe Talib Tabanan Menyajikan Kopi Susu Saring Sejak Tahun 1940
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *