Jakarta

Pepaya merupakan buah yang banyak disantap oleh masyarakat Indonesia. Umumnya pepaya dimakan segar. Agar lebih nikmat, pepaya bisa dicelupkan ke dalam sambal rujak pedas.

Banyak orang mengonsumsi pepaya karena memiliki khasiat memperbaiki sistem pencernaan. Namun tahukah Anda bahwa masih banyak lagi manfaat pepaya?

Mau tahu apa saja manfaat pepaya untuk tubuh yang jarang diketahui banyak orang? Baca penjelasan lengkapnya di artikel ini.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Manfaat buah pepaya

Ada beberapa manfaat jika Anda rutin mengonsumsi pepaya. Mengutip dari berbagai sumber, berikut manfaat pepaya untuk kesehatan.

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Buah pepaya kaya akan sejumlah vitamin, mulai dari vitamin C, A, dan E. Dilansir situs MD, vitamin C pada pepaya merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas tubuh, sehingga mampu melawan bakteri penyebab infeksi dan virus.

2. Menjaga kesehatan kulit

Mengonsumsi pepaya secara rutin ternyata bisa menjaga kesehatan kulit. Kandungan enzim papain pada pepaya mampu melembutkan dan menyegarkan kulit.

Sementara itu, vitamin A dan C pada pepaya juga mampu mengurangi kerutan dan menghilangkan flek hitam. Buah ini juga mengandung likopen sehingga mampu menjaga dan mengoptimalkan kesehatan kulit.

3. Melancarkan Pencernaan

Pasti sudah banyak yang mengetahui bahwa salah satu manfaat pepaya adalah dapat melancarkan pencernaan. Pasalnya, pepaya mengandung enzim seperti karicain, chymopapain, papain, dan glisil endopeptidase yang dapat membantu tubuh lebih mudah mencerna protein.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi pepaya selama 40 hari berturut-turut mengalami penurunan risiko sembelit dan perut kembung.

Bagi yang sedang menjalani program diet, cobalah rutin mengonsumsi pepaya. Dilansir Everyday Health, hal ini dikarenakan pepaya merupakan buah rendah kalori yang mampu mencegah penambahan berat badan.

Kemudian, pepaya juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga mencegah keinginan untuk ngemil terus-menerus.

5. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dan antioksidan pada pepaya juga berfungsi menjaga kesehatan mata. Selain itu, pepaya dipercaya bermanfaat mencegah degenerasi makula atau degenerasi makula terkait usia (AMD). Kondisi ini menyebabkan penglihatan sentral menjadi kabur.

6. Menjaga kesehatan jantung

Mengutip Healthline, pepaya juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Pasalnya kandungan likopen dan vitamin C pada pepaya mampu membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Tak hanya itu, pepaya juga mengandung senyawa antioksidan yang membantu meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

7. Mencegah Kanker

Studi menunjukkan bahwa kandungan likopen pada pepaya mampu menurunkan risiko kanker. Lebih lanjut, mengonsumsi pepaya disebut-sebut dapat membantu pengobatan pasien kanker. Meski demikian, peneliti masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk mengungkap manfaat tersebut.

8. Mencegah radikal bebas

Senyawa anti inflamasi dan antioksidan pada pepaya juga dapat mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh yang merupakan salah satu penyebab kanker. Radikal bebas dapat meningkatkan stres oksidatif yang dapat memicu penyakit.

9. Meredakan nyeri saat haid

Bagi para wanita yang sering merasakan nyeri atau haid saat haid, cobalah mengatasinya dengan mengonsumsi buah pepaya. Hal ini dikarenakan enzim papain mampu mengontrol aliran darah saat menstruasi.

10. Rambut Sehat

Manfaat pepaya yang terakhir adalah dapat menjaga kesehatan rambut agar tampak lebih tebal dan mencegah rambut rontok. Hal ini berkat kandungan vitamin A dan nutrisi untuk menghasilkan sebum, sehingga mampu mempertahankan kelembapan pada rambut.

Kandungan vitamin C pada pepaya juga diperlukan untuk menjaga kolagen sehingga dapat memberi struktur pada kulit rambut.

Itulah 10 manfaat pepaya yang jarang diketahui orang. Jadi, mulai sekarang, yuk perbanyak makan pepaya!

Menonton video “ 5 Kunci Menjaga Keamanan Pangan
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *