Jakarta

Kandungan kafein dalam kopi tidak selalu menyehatkan. Bagi Anda yang intoleransi kafein, ada beberapa alternatif kopi yang lebih sehat.

Kopi dikenal sebagai minuman sehat karena kandungan kafeinnya. Namun, kafein tidak selalu baik karena ada efek sampingnya jika dikonsumsi berlebihan.

Apalagi bagi Anda yang intoleran terhadap kafein. Sebagai pengganti kopi, ada beberapa alternatif minuman dengan sedikit atau tanpa kafein.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Minuman ini mengandung antioksidan tingkat tinggi sehingga berperan memberikan banyak manfaat. Mulai dari meningkatkan energi, melawan radikal, hingga mencegah penyakit.

Dikutip dari HealthShots (16/01/24) berikut 5 minuman yang lebih sehat dari kopi.

1. Teh Hijau

manfaat minum teh hijau dan biji chiaSecangkir teh hijau hanya mengandung 29 mg kafein. Foto: Getty Images/iStockphoto

Teh hijau dan kopi sama-sama mengandung kafein, sehingga kedua minuman tersebut dikenal sebagai sumber kafein yang dominan. Secangkir kopi biasanya mengandung 96 mg kafein.

Sedangkan secangkir teh hijau hanya mengandung 29 mg kafein. Dengan kafein yang lebih rendah, teh hijau dikatakan lebih sehat dibandingkan kopi.

Mengingat efek kafein yang relatif kuat. Selain itu, teh hijau juga dikemas dengan antioksidan tingkat tinggi. Kandungan asam amino pada teh hijau juga berperan dalam meningkatkan energi untuk menunjang kesehatan tubuh.

2. Teh Kombucha

Fakta Scoby, Jamur Pembuat Kombucha yang Sedang Trending di TikTokTeh kombucha merupakan minuman fermentasi Foto: iStock

Teh kombucha adalah minuman yang difermentasi dari teh hitam atau hijau, gula, dan kultur simbiosis bakteri dan ragi (SCOBY).

Minuman kaya probiotik ini bisa dijadikan alternatif pengganti kopi. Secangkir teh kombucha biasanya mengandung sekitar 68 mg kafein.

Jumlah tersebut dikatakan aman karena tidak akan membuat Anda cemas, justru akan membuat tidur Anda lebih nyenyak. Tingginya kadar probiotik juga membuat minuman ini baik untuk kesehatan usus.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *