Jakarta

Bawang bombay biasanya diolah menjadi bumbu tumis. Selain itu, ada juga bawang bombay karamel yang disajikan di atas burger. Inilah perbedaan antara keduanya.

Bawang merah merupakan salah satu bumbu masakan yang biasa ditemukan dalam masakan. Seperti bawang putih dan bawang merah, bawang bombay juga dapat menambah rasa dan aroma pada masakan.

Selain sebagai bumbu masakan tumis, bawang bombay juga biasa digunakan sebagai bawang karamel. Meski sama-sama digoreng, olahan kedua bawang ini berbeda.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Laporan dari Tumbuk (31/1), meski sama-sama digoreng, tentu ada perbedaan ciri yang juga berkaitan dengan rasanya. Penggunaan keduanya juga berbeda.

jenis bawang yang dimasakjenis masakan bawang bombay Foto: Getty Images/iStockphoto

Tumis bawang bombay dengan teknik 'pencoklatan' mampu menghasilkan rasa umami yang kaya, namun cenderung pedas tanpa rasa manis. Sedangkan bawang bombay karamel prosesnya lambat dan berwarna coklat.

Dalam bawang bombay karamel, gula alami larut dengan api kecil. Oleh karena itu, terbentuklah karamel dengan rasa yang manis dan kaya.

Kemudian pada cara menumis bawang bombay untuk dijadikan bumbu biasanya hanya untuk melunakkan tekstur dan memberi rasa. Di sisi lain, bawang bombay yang dikaramel menghasilkan kompleksitas rasa manis yang kaya.

jenis bawang yang dimasakjenis masakan bawang bombay Foto: Getty Images/iStockphoto

Menumis bawang bombay dengan cepat memunculkan rasa alaminya sekaligus mempertahankan kecerahannya. Menumis bawang bombay biasa akan menghasilkan tekstur lembut dan rasa bawang bombay, biasanya digunakan sebagai bahan dasar sup dan saus.

jenis bawang yang dimasakjenis masakan bawang bombay Foto: Getty Images/iStockphoto

Bagaimana dengan bawang panggang? Olahan ini memiliki rasa yang berbeda karena adanya proses karamelisasi. Bagian luar bawang panggangnya agak gosong dan ada aroma smoky gosong, kemudian bagian dalamnya agak renyah. Bawang panggang ini sangat cocok untuk ditambahkan ke salad atau sebagai pelengkap daging sapi.

Menonton video “Latte Art yang seru dengan nuansa Ghibli di O'delice Cafe
[Gambas:Video 20detik]
(dll/ode)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *