Jakarta

Human error bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Misalnya, wanita ini salah memasukkan jumlah pisang yang dibelinya di supermarket. Bukannya 5, tapi 50!

Belakangan ini, membeli makanan menjadi lebih mudah karena terdapat aplikasi dan layanan 'swalayan' di beberapa restoran atau toko. Layanan 'self-service' ini memungkinkan pelanggan memesan dan membayar sendiri pesanannya melalui mesin otomatis.

Beberapa restoran, toko atau supermarket di luar negeri maupun di Indonesia telah menerapkan layanan tersebut. Namun, pelanggan harus berhati-hati saat membayar dengan cara ini.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Terutama ketika memasukkan jumlah makanan atau produk yang dibeli. Memasukkan jumlah yang salah dapat mengakibatkan hilangnya pelanggan. Seperti yang dialami wanita ini saat membeli pisang di supermarket.

Melalui unggahan video di akun @tumtineforwhat, Alex Turntine menceritakan pengalamannya saat membeli pisang di supermarket.

Wanita yang dikenal sebagai komedian itu mampir ke supermarket untuk berbelanja. Di sana dia membeli 5 buah pisang. Namun, sesuatu yang tidak terduga terjadi karena ia hampir membayar harga yang sangat tinggi.

Perempuan 23 tahun itu merasa curiga karena diminta membayar 50 buah pisang. Bukan 5 pisang seperti yang dia rencanakan.

“Saya mampir ke toko tersebut, dan tagihannya jauh lebih tinggi dari yang saya kira,” katanya.

“Semuanya mahal sekarang, tapi aku harus belanja. Jadi aku membelinya dan melihat tagihannya, dan aku bertanya-tanya 'apa yang terjadi',” lanjutnya.

Gara-gara salah menekan tombol, wanita ini hampir membeli 50 buah pisang!Wanita ini bilang dia salah memasukkan jumlah, bukan 5 tapi 50. Foto: TikTok @tumtineforwhat,

Usut punya usut, ternyata ada kesalahan saat wanita ini memasukkan nomor pisang pada tagihan di kasir. Alih-alih memasukkan 5 buah pisang, dia malah memasukkan 50 buah pisang.

Setelah mengetahuinya, ia kemudian melaporkan hal tersebut kepada pegawai supermarket. Pegawai itu meminta Alex menunggu sebentar. Ternyata karyawan tersebut harus mengembalikan 35 sen (Rp 5.514) untuk setiap pisang yang termasuk dalam total pembelian. Pekerja juga harus mengurangi jumlah pisang dari 50 menjadi hanya 5.

Hal ini jelas memakan waktu dan terkesan merepotkan karyawan. Sayangnya, ketika jumlah pisang sudah berkurang menjadi 20 buah, Alex menawarkan para pekerjanya untuk berhenti.

Wanita ini tampak sangat kasihan pada pekerja tersebut hingga merasa tidak ada masalah jika harus membeli sisa 25 buah pisang tersebut. Namun pekerja tersebut tetap bersemangat untuk mengeluarkan sisa pisang yang diambil Alex hingga hanya tersisa 5 buah.

Karyawan itu menjawab Alex, “Hei, tidak apa-apa, kita bisa melakukannya.”

Kejadian ini tidak membuat Alex kesal, melainkan membuatnya merasa sangat malu. Video pengakuannya mendapat beragam reaksi dari netizen.

cara menyimpan pisangUntungnya, kelebihan pisang bisa dibatalkan dan dikembalikan. Foto: Getty Images/iStockphoto

Salah satu netizen berkomentar, “Jadi kamu mengacaukan perhitungannya.”

Meski memalukan, namun ada netizen yang mendukungnya karena setidaknya wanita ini mendapat pengembalian dana sebesar 15,75 USD (Rp 248.000).

Alex juga mengatakan bahwa dia pernah menjadi kasir dan tahu bahwa apa yang dia lakukan sebagai pelanggan bisa sangat mengganggu. Pantas saja dia merasa sangat malu dan bersalah terhadap kasir di supermarket.

Menonton video “Jajanan Pisang Unik di Tebet dan Dijamin Bikin kenyang Seharian!
[Gambas:Video 20detik]
(membaca)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *