Jakarta

Selain baik untuk sistem pencernaan, rutin mengonsumsi kimchi juga dapat membantu menurunkan berat badan. Demikian penjelasan peneliti.

Kimchi merupakan makanan fermentasi yang berasal dari Korea Selatan. Kimchi terbuat dari sayuran yang difermentasi dengan bawang putih dan minyak ikan. Bisa berupa sawi putih, lobak atau mentimun.

Proses fermentasi inilah yang membuat kimchi kaya akan probiotik, bakteri hidup yang baik untuk kesehatan. Khasiatnya dapat melancarkan sistem pencernaan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Namun ternyata, manfaat kimchi tidak hanya itu saja. Penelitian menemukan bahwa kimchi dapat membantu menurunkan berat badan sehingga cocok dijadikan menu diet.

Ilustrasi KimchiKimchi dapat menurunkan berat badan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Nungning20

Dikutip dari Food NDTV (03/02/24) Penelitian tersebut dilakukan sebagai bagian dari studi Health Examiners (HEXA). Total peserta mencapai 115.726 peserta.

Para peneliti mengungkapkan adanya hubungan yang menjanjikan antara konsumsi kimchi dan penurunan tingkat obesitas. Para peneliti memfokuskan pada partisipan yang rutin mengonsumsi 3 porsi kimchi per hari.

Menurut peneliti, ukuran porsi ini memiliki prevalensi obesitas 11% lebih rendah dibandingkan mereka yang mengonsumsi kurang dari satu porsi.

Selain itu, peneliti juga menjelaskan bahwa kimchi rendah kalori namun kaya serat. Ini mendukung proses penurunan berat badan.

Terbukti! Kimchi Dibuat Dalam Wadah Ini Lebih BaikKimchi memiliki sifat anti obesitas. Foto: Getty Images/iStockphoto/Kpictures

Sementara itu, penelitian sebelumnya telah mengidentifikasi strain bakteri tertentu yang terdapat pada kimchi, seperti Lactobacillus brevis dan L. plantarum.

Bakteri baik ini memiliki efek anti obesitas. Temuan ini menunjukkan bahwa komposisi unik kimchi mungkin berkontribusi terhadap potensi manfaat kesehatannya.

Namun penelitian juga menyebutkan bahwa konsumsi kimchi berlebihan dapat menyebabkan asupan energi lebih tinggi yang pada akhirnya meningkatkan risiko obesitas.

Maka dari itu Anda perlu memperhatikan bagian tersebut. Peserta yang mengonsumsi lima porsi atau lebih kimchi per hari lebih mungkin mengalami obesitas.

Hal ini menunjukkan pentingnya pola makan sederhana. Tambahkan kimchi ke menu harian Anda dalam porsi yang sesuai untuk mendapatkan manfaat sehatnya.

Menonton video “Kue Keranjang Lentera yang dipuja saat Tahun Baru Imlek
[Gambas:Video 20detik]
(rak/audio)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *