Jakarta

Mentega biasa digunakan dalam masakan. Agar makanan tidak gosong, ada beberapa tips sederhana agar makanan terasa enak.

Mentega merupakan produk olahan lemak hewani yang berperan sebagai lemak dalam masakan. Biasanya digunakan untuk menumis, membuat kue atau memanggang bahan-bahan seperti sayur mayur, ayam, dan seafood.

Apabila dimasak dengan mentega juga dapat menghasilkan aroma yang harum dan rasa yang enak. Namun, terkadang mentega bisa membuat makanan mudah terbakar jika tidak digunakan dengan benar.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Laporan dari Food NDTV (1/2), ada beberapa tips yang bisa dipraktikkan saat memasak dengan mentega. Mulai dari pemilihan jenis yang tepat hingga pengendalian api yang digunakan.

Berikut 5 tips memasak dengan mentega agar tidak gosong:

1. Gunakan Mentega Klarifikasi

tips memasak menggunakan mentegatips memasak menggunakan mentega Foto: Getty Images/iStockphoto

Ada berbagai jenis mentega, salah satunya adalah mentega murni. Secara harfiah dikatakan sebagai mentega yang diklarifikasi. Mentega jenis ini telah menghilangkan air dan padatan susu.

Anda bisa membuat mentega murni sendiri dengan memanaskan mentega hingga berbusa yang menandakan air sudah menguap. Akan keluar lemak kuning dan padatan susu, ambil dan sisihkan.

Mentega jenis ini memiliki umur simpan yang lebih lama, lebih stabil, dan lebih tahan panas. Oleh karena itu, membuat makanan tidak mudah gosong atau gosong.

2. Kontrol Panas

Salah satu penyebab mentega gosong adalah panas yang berlebihan. Oleh karena itu, tingkat panas api yang digunakan harus sesuai. Mulailah dengan memanaskan wajan dengan api sedang lalu tambahkan mentega.

Kemudian, perhatikan mentega saat meleleh, sesuaikan panasnya sesuai kebutuhan agar desisnya tetap lembut. Hindari penggunaan suhu tinggi karena dapat menyebabkan mentega terlalu cepat menjadi coklat dan membakar makanan.

Menonton video “Kelezatan Mentega Durian di lereng Gunung Semeru yang creamy dan nikmat
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *