Site icon Food Blog Ciali

Masakan Peranakan Cina yang lezat ala Kopitiam Singapura di Melawai


Jakarta

Menjamurnya kopitiam di kawasan Jakarta Selatan menambah tren kuliner. Seperti Toko Makmur yang 'terjebak' di dalam Plaza Melawai.

Melawai Plaza telah menjadi ikon pusat perbelanjaan legendaris di Jakarta Selatan. Didirikan pertama kali pada tahun 1983, kini Melawai Plaza tidak hanya menawarkan jam tangan atau perhiasan saja.

Bangunan ikonik ini belakangan disulap menjadi pusat kuliner kekinian yang digemari anak-anak Jakarta Selatan (Jakarta Selatan). Salah satu tempat makan yang paling banyak dikunjungi adalah Toko Makmur Kopitiam milik Chef Putri Mumpuni.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Lokasi kopitiam ini bisa dibilang 'bagus' dan berada di pinggir gedung Plaza Melawai. Meski konsepnya kecil dan simpel untuk disantap, semua makanan di sini dijamin bikin ketagihan dan cocok dijadikan tempat nongkrong seru.

Informasi Lengkap tentang Kedai Kopitiam Makmur
Nama Restoran Kedai Kopitiam Makmur
Alamat Plaza Melawai – JL. Melawai Raya No. 13 T-114-B Letjen. 1.
Tidak ada Telp 0813-8090-0362
Jam operasional 12.00 – 23.00 (Senin libur)
Perkiraan harga Rp 50.000 – Rp 100.000
Jenis Masakan Peranakan Cina.
Kenyamanan

1. Didirikan oleh Chef Putri Mumpuni

Toko Makmur: Lezatnya Masakan Peranakan Cina, Kopitiam ala Singapura di Melawai Foto: detikFood

Chef Putri Mumpuni dikenal sebagai seorang chef korporat dan pastry chef ternama yang memiliki segudang pengalaman di dunia kuliner. Sempat bekerja di Amerika, kini Chef Putri Mumpuni membawa sesuatu yang baru dengan membuka usaha sendiri, Toko Makmur Kopitiam.

“Kemakmuran sebenarnya adalah plesetan dari kata Makan Murah. Semoga nama ini menjadi doa yang baik bagi kita semua,” ujar Chef Putri dalam salah satu sesi wawancaranya (07/02).

Untuk konsepnya, Chef Putri tidak menyebut restoran tersebut sebagai kopitiam, namun ia ingin pengunjungnya serasa berada di dalam kopitiam saat makan di Toko Makmur.

2. Menu Chinese Delicious Food khas Peranakan

Toko Makmur: Lezatnya Masakan Peranakan Cina, Kopitiam ala Singapura di Melawai Foto: detikFood

Menurut Chef Putri, hampir seluruh makanan dan minuman di Toko Makmur merupakan hasil ide dan inspirasinya selama ini. Ia sengaja menonjolkan sisi masakan Peranakan Cina yang banyak ditemukan di kopitiam Singapura.

Tujuannya agar pengunjung yang rindu suasana makan di hawker (pedagang kaki lima) di Singapura bisa menikmatinya dengan bersantap di Toko Makmur. Salah satu menu utamanya adalah Mee Ladu Ayam (Rp 30.000).

Toko Makmur: Lezatnya Masakan Peranakan Cina, Kopitiam ala Singapura di Melawai Foto: detikFood

Mie ayam ini dibuat renyah seperti mie oriental kebanyakan. Perpaduan mie keriting dengan kekenyalan yang pas, serta perpaduan bumbu dan minyak ayam yang nikmat membuat rasa mie ini semakin nikmat.

Jangan lupa siomay rebus yang diisi dengan ayam yang kental dan padat. Lezatnya rasa mie tak lepas dari taburan bawang putih goreng dan sambal minyak yang menggugah selera.

Menonton video “Kopitiam Gaya Medan Menyajikan Sarapan Tradisional Murah dan Murah
[Gambas:Video 20detik]

Exit mobile version