Jakarta

Menyimpan kopi bubuk, meski dalam wadah kedap udara, juga memiliki waktu terbaik. Agar tidak salah, kenali tanda-tanda kopi mulai menurun kualitasnya dengan cara ini.

Berbeda dengan beberapa bahan lain di dapur, kopi merupakan bahan yang sangat sensitif. Kopi mudah menyerap kelembapan dan aroma dari bahan-bahan yang tersimpan di sekitarnya.

Apalagi jika Anda lebih memilih menyimpan kopi bubuk di rumah dibandingkan kopi biji utuh. Erik Hedlund selaku Pakar Kopi dari The Coffee Lab, Swedia mengatakan biji kopi memiliki umur simpan yang lebih lama dibandingkan kopi bubuk.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Ketika biji kopi digiling menjadi kopi bubuk, maka kopi tersebut akan lebih rentan terhadap reaksi kimia yang terjadi di lingkungannya. Kopi bubuk hanya bisa bertahan 3-6 bulan jika disimpan di suhu ruangan.

Baca juga: Kera! 5 Penjual Makanan Ditipu Pembeli yang Kabur Tanpa Membayar

Identifikasi Kopi Basi dan Tidak Segar Dengan Cara IniKesegaran kopi dapat dikenali dari rasa dan aromanya. Foto: Getty Images/iStockphoto/grandriver

Namun Era of We mengatakan kontaminasi bakteri dan kontaminan lainnya sangat minim sehingga mengganggu kualitas kopi dan mempengaruhi pencernaan. Hanya saja kesegaran dan cita rasa kopinya akan banyak berubah dibandingkan saat masih segar.

Secara fisik dan kasat mata, kopi yang mengalami penurunan kualitas dan mendekati kadaluarsa sulit dibedakan. Cara terbaiknya adalah dengan mencium langsung aromanya, baik biji kopi maupun kopi bubuk.

Kopi segar harus memiliki aroma seperti karamel yang kuat. Sedangkan ketika kesegaran kopi mulai menurun maka aromanya akan semakin seperti abu dan tidak lagi berbau segar.

Kopi yang tidak segar juga bisa dikenali dari hasil pencampurannya. Dibandingkan dengan kopi segar, kopi yang sudah mulai menua dan kadaluwarsa akan memberikan rasa asam dan pahit yang terlalu kuat saat diseruput.

Baca Juga: ODGJ Bayar Pakai Uang Mainan Saat Beli Beras, Ini Reaksi Pemilik Warung

Identifikasi Kopi Basi dan Tidak Segar Dengan Cara IniAda beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar kopi Anda tetap segar. Foto: Getty Images/iStockphoto/grandriver

Melalui pencampuran espresso, kualitas kopi juga bisa terlihat jelas. Saat pertama kali jatuh ke dalam gelas, kopi berkualitas baik akan memiliki lapisan krim tipis di atasnya.

Sedangkan kopi dengan kualitas buruk tidak akan menghasilkan krim sama sekali. Espresso yang terbuat dari kopi yang disimpan terlalu lama hanya akan berwarna hitam dengan rasa pahit yang kuat dan akan kehilangan sedikit sentuhan rasa asli dari kopi tersebut.

Terkait cara penyimpanannya, barista dan pakar kopi menyarankan agar kopi disimpan dalam bentuk biji agar lebih tahan lama. Namun jika ingin menyimpannya dalam bentuk bubuk juga bisa, hanya saja jangan dalam jumlah banyak dan umur simpannya terlalu lama.

Kopi yang disimpan dalam keadaan diseduh dengan harapan agar lebih mudah dituang sangat tidak disarankan. Kopi yang diseduh hanya bisa bertahan maksimal 2 minggu di lemari es. Pastikan juga Anda selalu menggunakan wadah kedap udara.

Menonton video “Kue Keranjang Lentera yang dipuja saat Tahun Baru Imlek
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *