Jakarta

Kurang tidur dapat menyebabkan tubuh terasa lesu dan sulit fokus. Beberapa asupan ini cocok untuk menyuplai energi hingga istirahat berikutnya.

Malam hari merupakan waktu yang efektif bagi tubuh untuk beristirahat. Oleh karena itu, setiap orang dewasa disarankan untuk tidur malam minimal 7-8 jam.

Sayangnya, banyak yang mengaku mengalami kesulitan tidur atau lebih dikenal dengan insomnia. Akibatnya tubuh akan terasa lemas dan sulit fokus saat menjalankan aktivitas sepanjang hari.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Para ahli gizi mengatakan, ada beberapa asupan yang cocok untuk memberikan energi ekstra hingga waktu tidur berikutnya. Namun kualitas tidur malam yang nyenyak dengan durasi yang cukup masih perlu ditingkatkan.

Berikut 5 penambah energi untuk orang yang kurang tidur menurut EatingWell:

5 Tindakan Peningkat Energi Ini Sempurna untuk Penderita InsomniaAir mineral mampu mencegah dehidrasi pada tubuh yang lelah dan kurang tidur. Foto: Getty Images/Papatsorn Khunsaard

1. Mineral udara

Bagaimanapun, air mineral merupakan minuman yang sangat penting bagi tubuh. Salah satunya adalah ketika tubuh tidak mendapat istirahat maksimal saat tidur malam.

Tubuh yang lelah rentan mengalami dehidrasi yang efeknya mengganggu banyak fungsi organ tubuh. Mengonsumsi air mineral dapat meningkatkan cadangan air dalam tubuh sehingga mencegah dehidrasi.

Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, produksi energi setidaknya akan terbantu. Semudah membawa botol air minum kemanapun Anda pergi, dapat membantu tubuh tetap berenergi dan fokus meski kurang tidur.

2. Kopi dan Teh

Menurut penelitian di Neuropsychopharmacology, kurang tidur dapat berdampak negatif pada kemampuan tubuh untuk tetap waspada. Artinya, otak tidak dapat berfungsi secara efektif untuk fokus pada berbagai hal yang harus dihadapinya.

Dijawab dalam Journal of Experimental Psychology: Learning, Memory, and Cognition tahun 2021 penelitian menyebutkan kafein dapat meningkatkan kewaspadaan. Teh dan kopi sebagai minuman yang mengandung kafein dianjurkan untuk dikonsumsi berdasarkan penelitian ini.

Selain itu, teh dan kopi juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Komponen yang ada di dalamnya dapat meningkatkan kesehatan jantung, kesehatan otak, diabetes, dan masih banyak lagi.

Pilihan penambah energi lainnya ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *