Jakarta

Makanan tinggi kalium penting dikonsumsi untuk mencegah beberapa penyakit, termasuk batu ginjal. Caranya diawali dengan asupan 5 makanan ini.

Selain karbohidrat, vitamin, dan protein, seseorang juga perlu mendapatkan asupan kalium yang cukup. Kalium merupakan elektrolit penting yang dapat mendukung kesehatan jantung, fungsi saraf dan otot.

Kalium juga diketahui penting dalam mencegah batu ginjal. Mengonsumsi makanan tinggi kalium diketahui dapat menurunkan kadar kalsium dalam urin yang berpotensi memicu batu ginjal.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Asupan kalium juga diketahui penting dalam mengirimkan sinyal listrik ke saraf dan mengendalikan kontraksi otot. Untuk mengurangi risiko penyakit semacam ini, penting untuk mengonsumsi cukup potasium dengan mengonsumsi makanan kaya potasium.

Berikut daftar 5 makanan kaya potasium yang bisa Anda mulai:

1. Pisang

cara menyimpan pisangPisang terkenal dengan kandungan potasiumnya yang mampu mendukung kontraksi otot. Foto: Getty Images/iStockphoto

Pisang merupakan buah yang terkenal dengan kandungan potasiumnya.

Mineral dalam pisang penting untuk menjaga baik fungsi jantung, mendukung kontraksi otot, dan menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh.

Kalium juga dapat mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah tetap stabil. Serat pada pisang juga dapat mengikat lemak sehingga mencegah pembentukan plak.

Jika Anda menyukai buah ini, Anda bisa mengonsumsi satu hingga 3 buah per hari. Jumlah tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

2. Ubi jalar

5 Manfaat Ubi Jalar yang Kini Populer sebagai Karbohidrat SehatUbi jalar juga merupakan makanan kaya potasium yang baik untuk dimakan. Foto: Getty Images/iStockphoto/HandmadePictures

Ubi jalar juga merupakan makanan kaya potasium yang bisa dimakan.

Selain potasium, ubi jalar juga mengandung nutrisi penting lainnya yang dapat membantu mengatur tekanan darah, mendukung fungsi saraf, dan membantu kontraksi otot.

Oleh karena itu, ubi jalar bisa dimasukkan ke dalam menu sehari-hari. Namun disarankan untuk tidak menambahkan garam berlebihan saat mengolah ubi jalar. Sebab garam justru menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Daftar makanan tinggi kalium lainnya dapat dilihat di halaman berikutnya!

Menonton video “Toko vegetarian di Senopati ini menawarkan cita rasa restoran siap saji
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *