Jakarta

Diet Cina kini ramai diperbincangkan di media sosial. Diet ini disebut-sebut mampu menurunkan berat badan (bb) sebanyak 10 kilogram (kg) dalam 5 hari. Inilah faktanya!

Tren pola makan terus berkembang dengan munculnya pola diet baru yang diyakini efektif menurunkan berat badan. Salah satu yang terbaru, diet Cina.

Diet ini menjanjikan pelakunya hasil penurunan berat badan yang cepat. Karena hanya dalam 5 hari konon bisa turun 10 kg!

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Diet ini awalnya viral di platform media sosial Tiongkok, Xiaohongshu. Seorang wanita mengaku berat badannya turun hingga 10 kilogram dalam waktu kurang dari seminggu.

Mengumpulkan Kebanggaan HarianDiet ini berfokus pada pola makan di mana seseorang hanya mengonsumsi satu jenis makanan bergizi dalam sehari.

Oleh karena itu, selama lima hari seseorang akan mengonsumsi jenis makanan yang berbeda setiap harinya.

Berikut menu diet ala Cina yang sedang viral:

1. Hari 1: Telur

Cara memasak telur mata sapiFoto: Getty Images/iStockphoto

Telur merupakan makanan yang dimakan pada hari pertama. Disarankan agar Anda mengonsumsi 2-3 butir telur rebus untuk sarapan, telur goreng atau omelet untuk makan siang, dan telur kukus untuk makan malam.

Telur sendiri dikenal sebagai salah satu sumber protein terbaik. Telur juga mengandung banyak nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh.

Namun, banyak orang yang mengkhawatirkan kadar kolesterol yang terdapat pada kuning telur. American Heart Association (AHA) merekomendasikan batas aman tujuh butir telur per minggu.

2. Hari 2: Air

Ilustrasi manfaat minum air putih sebelum tidurFoto: Getty Images/PonyWang

Di hari kedua, diet ini hanya memperbolehkan Anda mengonsumsi cairan sepanjang hari. Anda dilarang mengonsumsi makanan padat.

Beberapa minuman yang direkomendasikan antara lain susu, susu kedelai, yogurt atau kopi. Usahakan minuman tersebut tidak mengandung tambahan gula.

3. Hari 3: Daging

Ilustrasi dada ayamFoto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk

Setelah berpuasa dari makanan padat sehari sebelumnya, Anda kemudian disuguhi pesta daging. Anda bisa mengisi menunya dengan ayam, sapi, dan seafood.

Namun sumber protein tinggi ini harus dimasak dengan cara yang sehat. Misalnya dikukus, dibakar atau ditumis. Hindari kebiasaan menggoreng daging.

4. Hari 4: Buah

Menu tumis semangka menggunakan bawang merah ini membuat netizen hebohFoto: Berita Situs Web/Twitter

Berikutnya adalah buahnya. Beberapa buah yang direkomendasikan antara lain apel, jeruk, anggur, ceri, semangka, atau delima.

Namun, Anda disarankan untuk menghindari gula yang tinggi gula dan kalori seperti durian dan leci.

5. Hari 5: Sayuran

Makanan untuk Diet: 10 Sayuran Hijau Terbaik untuk Menurunkan Berat BadanFoto: Getty Images/iStockphoto/Boonchuay1970

Di hari terakhir, Anda disarankan hanya makan sayur sepanjang hari. Anda bisa mendapatkan serat, vitamin, mineral dan sedikit asupan karbohidrat.

Meski banyak testimoni yang mengatakan diet ini menjanjikan, Anda tetap perlu berhati-hati. Menurunkan berat badan dalam jumlah besar dalam waktu singkat bukanlah pilihan yang tepat.

Penurunan berat badan setiap individu sebenarnya berbeda-beda satu sama lain. Namun, penurunan berat badan yang cepat bisa menandakan pola makan Anda tidak sehat dan tidak seimbang.

Ahli gizi klinis MRCCC Siloam Hospital Inge Permadi mengatakan, diet tersebut secara umum mengurangi asupan kalori sebanyak 500-1.000 kalori sehari.

Bila tingkat pemotongan kalori konsisten, berat badan bisa berkurang 0,5-1 kilogram per minggu. Angka ini bisa dijadikan tolak ukur penurunan berat badan yang sehat.

“Namun, tidak semua orang bisa menurunkan berat badan sebanyak itu. Ada yang bisa menurunkan berat badan lebih banyak,” kata Inge kepada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

Bagi penderita kondisi tertentu yang ingin menurunkan berat badan lebih cepat, dokter biasanya akan menyelesaikan pengobatannya dengan obat-obatan. Alhasil, di saat yang sama, penurunan berat badan bisa meningkat 1-1,5 kilogram per minggu.

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul “Diet China Jadi Viral, Diklaim Turun 10 Kg dalam 5 Hari”

(alamat/pergi)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *