Jakarta

Al-Qur'an berisi berbagai petunjuk bagi umat Islam, termasuk makanan yang baik untuk dimakan. Total 7 makanan yang tertulis dalam Al-Qur'an memiliki manfaat yang luar biasa.

Keistimewaan Al-Quran bukan hanya tentang hukum, ilmu pengetahuan, kepercayaan dan tauhid, namun juga menjelaskan segala sesuatu yang dibutuhkan manusia termasuk obat-obatan alami.

Tak hanya itu, dalam kitab suci ini Tuhan juga menyebutkan beberapa jenis makanan yang bisa kita santap dan tentunya memiliki beragam manfaat.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Berikut makanan alami dalam Al-Qur'an dan Hadist yang mempunyai khasiat luar biasa:

1. Jahe

Teh jahe baik untuk pencernaanJahe disebutkan dalam Al-Quran dan dianjurkan untuk dicampur dalam segelas minuman. Foto: Getty Images/iStockphoto/

Sejak ribuan tahun lalu, jahe telah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Faktanya, jahe dikatakan sebagai bumbu paling sehat di dunia. Ramuan ini juga disebutkan dalam Alquran.

“Dan di sana mereka diberi segelas minuman yang dicampur jahe.” – QS Al Insan ayat 17.

Ayat ini menceritakan gambaran surga. Allah berfirman bahwa penghuni surga akan diberi minuman yang dicampur jahe.

Selama bertahun-tahun, beberapa penelitian modern menemukan manfaat jahe yang luar biasa, mulai dari membunuh bakteri, menghilangkan rasa mual, mengobati batuk, menurunkan kadar gula darah, menurunkan kolesterol, hingga mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Pisang

cara menyimpan pisangPisang juga disebut sebagai buah yang diberkati. Foto: Getty Images/iStockphoto

Dalam surat Al-Waqiah ayat 29, Allah menyebut pisang sebagai buah yang berlapis-lapis.

“Dan orang-orang yang bertakwa, betapa diberkatinya mereka! Mereka berada di tengah pohon bidara yang tidak berduri, kebun pisang, tempat yang rindang, air yang mengalir, buah-buahan yang melimpah, tidak pernah musimnya, dan tidak terlarang” (QS Al Waqiah 27-33)

Al-Qur'an menyebutkan secara umum buah-buahan yang dimakan orang-orang di surga, dan secara khusus menyebutkan pisang memberitahukan kepada kita bahwa pisang termasuk buah yang diberkahi. Pisang merupakan tambahan yang bagus untuk sarapan atau camilan pagi hari karena kaya akan potasium, serat, vitamin C, magnesium, dan folat.

Pisang juga mengandung beberapa jenis antioksidan kuat, termasuk flavonoid dan amina. Antioksidan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit degeneratif.

3. Tanggal

tanggalKurma juga telah disebutkan dalam Al-Quran sebanyak 20 kali dalam 16 surat. Foto: iStock

Kurma merupakan tanaman yang paling sering disebutkan dalam Al-Quran. Dalam kitab Mu'jam Al-Mufahras li Al-Fazhil Qur'an, 'Abd al-Baqi menjelaskan bahwa dalam Al-Qur'an terdapat tanggal sebanyak 20 kali dalam 16 surat.

Salah satu ayat kitab suci yang menyebutkan kurma adalah Surat Maryam ayat 23-25. Kedua ayat tersebut menceritakan tentang derita dan kesakitan yang menyiksa Maryam saat hendak melahirkan.

Dia bersandar di pangkal pohon palem. Kemudian Allah melalui malaikat Jibril memerintahkan Maryam untuk menggoyangkan pangkal kurma ke arahnya, kemudian kurma yang sudah matang jatuh, untuk dimakan dan sebagai obat sakit saat melahirkan.

Kurma mengandung serat dan antioksidan yang tinggi. Nilai gizinya dapat menunjang kesehatan otak dan mencegah penyakit.

Salah satu antioksidan yang terdapat pada kurma adalah asam fenolik. Kandungan ini dapat membantu mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.

Penelitian laboratorium menemukan kurma bermanfaat dalam mengurangi penanda inflamasi, seperti interleukin 6 (IL-6), di otak. Tingginya kadar IL-6 dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

Makanan lain yang tertulis dalam Al-Quran manfaatnya bisa dilihat di halaman berikutnya!

Menonton video “Bikin Lapar: Cobain Gabus Pucung, Makanan Betawi yang Langka
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *