Jakarta

Pati merupakan salah satu bumbu yang digunakan di Indonesia. Biasanya digunakan untuk masakan kuah atau bahan minuman sehat. Berikut penjelasan manfaatnya.

Adas bintang yang sering juga disebut dengan pekak merupakan bumbu yang rasanya hampir sama dengan adas bintang manis. Bumbu berbentuk bunga ini memiliki tekstur agak keras dengan warna coklat.

Meski banyak digunakan di Indonesia, bunga lawang berasal dari Tiongkok. Di negara asalnya sering disebut dengan ngo hiong dan populer sebagai bumbu kuliner.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Dilansir Food NDTV (8/2), mengonsumsi bunga lawang memiliki beragam manfaat. Selain sebagai bumbu kuliner, juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut 5 manfaat bunga lawang:

1. Bumbu masak

Bumbu masakan Indonesia kaya akan rempah-rempah. Salah satu yang banyak dimanfaatkan adalah bunga lawang. Karena menghasilkan aroma yang harum, bunga lawang banyak digunakan pada masakan yang memiliki cita rasa yang kuat.

Rendang merupakan salah satu masakan yang dibumbui dengan adas bintang. Lobak ditambahkan saat menumis bumbu rendang yang terdiri dari berbagai jenis bumbu.

Selain itu bunga lawang juga bisa digunakan untuk membuat kari atau gulai. Anda juga bisa menambahkannya ke masakan yang dibumbui kecap, seperti ayam kecap.

2. Sebagai Antioksidan

Adas bintang ternyata baik untuk kesehatan tubuh. Mengandung beberapa zat antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol.

Senyawa lain yang berkontribusi terhadap sifat antioksidan bunga lawang adalah linalool, quercetin, anethole, asam galat, dan lain-lain. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa rempah ini mungkin memiliki sifat antikanker.

Menonton video “Masakan Permata Tersembunyi Dekat Canggu: Bebek Goreng Lezat dengan Bumbu
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *