Jakarta

Kopi tak hanya nikmat dicampur dengan susu atau krimer. Terapi juga bisa dicampur dengan berbagai rempah yang menambah banyak manfaat bagi kesehatan.

Selain teh, kopi juga nikmat dipadukan dengan campuran rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, cengkeh, dan jintan hitam. Tak hanya nikmat, kopi berbumbu ini juga berkhasiat meningkatkan stamina, menghilangkan masuk angin, dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Untuk membuat variasi kopi berbumbu ini juga tidak sulit, cukup campurkan bubuk kopi favorit Anda dengan tambahan bumbu aromatik. Rasanya juga dijamin akan menyentak semangat Anda. Kopi berbumbu bisa menjadi teman bersantai dan sangat cocok dinikmati hangat di pagi atau sore hari.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Dilansir dari berbagai sumber (11/02), berikut lima racikan kopi berbumbu yang mudah dibuat sendiri.

1. Jintan Hitam

Biji jintan hitam pada sendok kayu dengan latar belakang kayu.Kopi jintan hitam. Foto: Getty Images/iStockphoto/Andrei310

Jintan Hitam atau dikenal juga dengan Habbatus Hitam pun tak kalah nikmatnya jika dipadukan dengan kopi. Jintan hitam dengan aroma dan rasanya tersendiri mampu menciptakan sensasi kopi yang nikmat.

Jintan hitam mengandung khasiat yang meningkatkan stamina, menyehatkan sel otak, bersifat anti inflamasi dan meningkatkan produksi ASI.

Untuk membuat kopi jintan hitam, cukup menyeduh kopi dengan tambahan jintan hitam. Tambahkan madu untuk rasa manis yang lebih alami. Kopi jintan hitam bisa dinikmati hangat. Kopi ini cocok dijadikan minuman pagi yang menyehatkan.

2. Cengkih

5 Manfaat Cengkih dalam Minuman, Mencegah Kanker dan Menyehatkan Liverkopi cengkeh. Foto: Getty Images/iStockphoto/deeaf

Rempah-rempah dengan nama latin Syzygiumaromaticum ini sudah lama dicari karena aroma dan khasiatnya. Cengkih secara alami mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Cengkih yang wangi dan mempunyai rasa manis tersendiri mempunyai khasiat untuk menguatkan tulang, mengobati mual, melancarkan pencernaan dan juga memperkuat sistem imun tubuh. Cengkih juga cocok dicampur dengan kopi sehingga rasanya lebih nikmat.

Membuat kopi cengkeh tidaklah sulit, cukup campurkan kopi hitam dengan beberapa cengkeh. Agar rasa dan aromanya lebih pekat, cobalah merebus kopi dan cengkeh seperti membuat kopi seduh.

3. Jahe

Kandungan kopi jahe yang baik untuk tubuhRamuan kopi jahe baik untuk tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto

Jahe kerap diandalkan sebagai bahan baku pembuatan wedang. Namun ternyata jahe juga populer sebagai bahan kopi. Sensasi rasa segar dan aroma jahe yang khas membuat kopi semakin nikmat.

Selain itu, jahe mempunyai khasiat sebagai obat herbal alami untuk mengatasi masuk angin, perut kembung, dan demam. Jahe juga meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Untuk membuat kopi jahe, Anda hanya perlu menyiapkan kopi bubuk, satu ruas jahe sangrai dan memar, serta gula merah. Campur semua bahan tersebut lalu seduh dengan air panas, aduk rata lalu nikmati segera selagi hangat.

Menonton video “Ternyata inilah tantangan terbesar Sisca Soewitomo dalam meniti karir di dunia kuliner.
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *