Jakarta

Kejujuran adalah hal terpenting yang harus dilakukan dalam setiap pekerjaan. Salah satunya adalah pelayan restoran yang kerap menemukan uang peninggalan pengunjung dan tetap mengembalikannya.

Restoran adalah tempat bertemunya banyak orang. Pelanggan restoran datang dan pergi dengan membawa banyak barang bawaan yang mungkin tertinggal. Selain dompet dan ponsel yang paling sering tertinggal di restoran, banyak pengunjung juga yang meninggalkan uangnya.

Jumlah uang yang tersisa tidak sedikit. Ada yang mencapai puluhan juta hingga miliaran rupiah. Untungnya, pelayan restoran tersebut tetap jujur ​​dan mengembalikan uang yang ditemukan kepada pemiliknya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima kisah pelayan restoran jujur ​​yang mengembalikan uang temuannya kepada pengunjung.

1. Temukan Rp 6,6 miliar

Hasilkan Miliaran Rupiah, Pekerja Restoran Ini Dipuji Karena JujurHasilkan Miliaran Rupiah, Pekerja Restoran Ini Dipuji Jujur Foto: Berita Laman/iStock Ilustrasi

Kisah ini sempat viral di internet pada tahun 2019 karena jumlah uang yang ditemukan sangat banyak. Seorang pelayan bernama Armando Markaj menemukan cek di dalam amplop yang ditinggalkan di restoran pizza Pasty.

Restoran yang terletak di Harlem, Amerika ini memiliki banyak pelanggan sehingga Armando kesulitan menemukan pemilik amplop tersebut. Saat membuka amplop ia terkejut menemukan cek senilai $424.000 atau lebih dari Rp6,6 miliar yang bisa diuangkan.

Tanpa pikir panjang Armando langsung mencari pemilik cek tersebut yang ternyata sudah makan disana. Cek itu milik seorang wanita bernama Karen yang sangat berterima kasih atas kejujuran Armando.

2. Sisa Rp 501 juta di restoran

Seorang pelayan bernama Brian Geery yang bekerja di restoran Applebee's di California punya pengalaman menarik. Pada tahun 2015 ia menemukan uang tunai senilai $32.000 (Rp 501 juta) tertinggal di restoran.

Dia menemukan uang di dompet yang tertinggal setelah sebuah keluarga meninggalkan restoran. Menghasilkan uang sebanyak itu, Brian tak menutup mata. Ia jujur ​​dan langsung memberikan dompet tersebut kepada pengelola restoran.

Setelah bekerja sama dengan pihak berwenang setempat, Brian berhasil menemukan pemilik uang tersebut. Pemilik uang mengungkapkan rasa terima kasihnya, karena uang tersebut merupakan tabungan usaha keluarganya. Karena kejujurannya, Brian mendapat hadiah dan penghargaan dari Applebee's.

3. Dompet kiri

Hasilkan Miliaran Rupiah, Pekerja Restoran Ini Dipuji Karena JujurHasilkan Miliaran Rupiah, Pekerja Restoran Ini Dipuji Jujur Foto: Berita Laman/iStock Ilustrasi

Eva Karendi adalah seorang pelayan restoran dari kota Kirinyaga, Kenya. Pada tahun 2019, ia menemukan dompet berisi uang tunai KSh 60.000 (Rp 6,6 juta) dari salah satu pengunjung restoran hotel tempatnya bekerja.

“Saya lihat ada yang aneh tertinggal. Saya telepon teman saya untuk melihat bersama. Kami terkejut karena menemukan dompet penuh uang tunai sebanyak itu,” jelas Eva.

Eva segera mengembalikan uang itu kepada pemiliknya. Setelah pemilik menelepon pihak hotel untuk melaporkan dompet yang hilang. Karena kejujurannya, Eva mendapat promosi dan hadiah dari pemilik dompet tersebut.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *