Jakarta

Bakwan adalah makanan gorengan yang populer. Sayur goreng ini rasanya lezat dan renyah. Ternyata gorengan mirip bakwan ada di berbagai negara lho!

Jenis gorengan yang ada di Indonesia sangat beragam. Salah satu yang populer adalah bakwan, gorengan ini terbuat dari campuran tepung terigu yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran seperti kubis, wortel, tauge, dan daun bawang.

Bakwan digoreng hingga bagian luarnya kering, namun bagian dalamnya masih empuk. Bakwan biasanya dinikmati dengan cabai rawit, sambal kacang atau sambal.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Ternyata bakwan juga mempunyai rekanan di berbagai negara. Seperti yachaejeon di Korea hingga bhaji di India.

Berikut 5 bakwan kembar di berbagai negara:

1. Yachaejeon (Korea Selatan)

Gorengan mirip bakwan di berbagai negaraGorengan mirip bakwan di berbagai negara Foto: Getty Images/iStockphoto

Korea Selatan terkenal dengan makanannya yang lezat. Salah satunya adalah pajeon yang merupakan pancake tradisional dengan berbagai bahan campuran.

Sesuatu yang mirip dengan bakwan disebut yachaejeon, jeon atau pancake dengan isian sayur. Campuran sayuran yang digunakan sangat mirip, seperti kubis, tauge, daun bawang, wortel, dan zucchini.

Yachaejeon biasanya dinikmati dengan saus celup berupa campuran bawang putih, kecap asin, minyak wijen, dan bubuk cabai. Yachaejeon sering dijual di pasar tradisional atau pusat jajanan kaki lima.

2. Kakiage (Jepang)

Gorengan mirip bakwan di berbagai negaraGorengan mirip bakwan di berbagai negara Foto: Getty Images/iStockphoto

Makanan yang digoreng juga populer di Jepang, biasa disebut tempura. Salah satu jenis tempura yang mirip dengan bakwan adalah kakiage.

Tampilan kakiage mirip dengan bakwan, hanya saja sayurannya lebih dominan dibandingkan campuran tepung terigu. Kakiage ini terdiri dari campuran wortel, buncis, dan bawang bombay.

Banyak juga yang menggunakan campuran terong. Kakiage ini lezat dengan saus yang terbuat dari kecap dan dashi.

Menonton video “Berburu Bakwan Udang di Restoran Legendaris Gunung Sindur
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *