Jakarta

Kopi dan matcha merupakan minuman sehat yang biasa dikonsumsi setiap hari. Keduanya juga diketahui mengandung antioksidan. Mana yang lebih sehat?

Minuman sehat ada banyak jenisnya, salah satunya kopi dan matcha. Kopi yang sehat harus polos tanpa gula. Sedangkan matcha berasal dari teh hijau yang diseduh.

Kedua minuman ini sangat populer dan memiliki penikmatnya masing-masing. Keduanya sama-sama mengandung antioksidan tingkat tinggi, namun karakteristiknya berbeda.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Laporan dari Vogue (13/2), manfaat kopi dan matcha dijelaskan oleh beberapa ahli. Mulai dari kandungan nutrisinya hingga jenisnya yang lebih menyehatkan tubuh.

Manfaat Kopi Bagi Tubuh

manfaat antara kopi dan matchamanfaat antara kopi dan matcha Foto: Getty Images/iStockphoto

Minum kopi secara rutin dapat memberikan beberapa manfaat bagi tubuh. Hal ini diungkapkan oleh beberapa ahli, termasuk Luke Worthington yang merupakan ahli diet.

“Ada beberapa penelitian dalam Journal of International Society of Sports Nutrition pada tahun 2021 yang menunjukkan bahwa dosis kafein sekitar 5 mg dapat menghasilkan peningkatan signifikan pada kinerja fisik dan mental,” kata Luke Worthington.

Ahli gizi Lucy Miller pun menjelaskan manfaat kopi yang banyak salah satunya berasal dari kandungan antioksidannya. “Manfaatnya antara lain menurunkan risiko Alzheimer, depresi, diabetes tipe 2, dan penyakit liver. Kopi merupakan salah satu sumber antioksidan tertinggi dalam beberapa pola makan yang dapat membantu melindungi dari radikal bebas,” jelasnya.

Menurut Mayo Clinic, asupan kopi memiliki batasan yaitu 400 miligram kafein atau setara dengan 3-4 cangkir kopi sehari. Konsumsi kopi berlebihan justru menimbulkan gangguan kesehatan.

Menonton video “M. Aboe Talib Kedai Kopi Tabanan Menyajikan Kopi Susu Saring Sejak Tahun 1940
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *