Jakarta

Bagi sebagian orang, jenis makanan tertentu dianggap tidak biasa atau bahkan aneh. Padahal, makanan tersebut memberikan manfaat yang baik untuk usus, seperti 5 makanan ini.

Beragamnya pangan di dunia membuat banyak orang belum tentu mengetahui dan merasa familiar dengan makanan tertentu. Makanan ini juga bisa dibilang aneh.

Sebenarnya tidak semua makanan yang dianggap kurang umum itu buruk. Makanan ini bisa membawa manfaat besar bagi kesehatan tubuh.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Misalnya saja 5 makanan ini yang mungkin kurang populer padahal menawarkan manfaat baik untuk kesehatan usus. Berikut daftar 5 makanannya, seperti dirangkum dari Food NDTV:

1. Beras hitam

Desa Kandar merupakan penghasil beras terbesar di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku.  Ada tiga jenis beras yang dihasilkan di Kampung Kandar, salah satunya adalah beras hitam.Beras hitam ternyata mempunyai manfaat baik untuk kesehatan usus. Foto: Agung Pambudhy

Jenis nasi yang paling umum biasanya adalah nasi putih atau nasi merah. Namun, ada juga variasi nasi hitam yang mungkin lebih baik dari dua pilihan nasi sebelumnya.

Beras eksotik ini terkadang disebut 'beras terlarang' karena dihargai oleh orang Asia kuno dan hanya diberikan kepada keluarga kerajaan.

Beras ini memiliki kandungan nutrisi yang beragam, mulai dari serat yang tinggi, mineral, vitamin, dan antioksidan.

Faktanya, beras hitam mengandung pigmen antosianin yang sama yang memberi warna ungu tua pada buah beri. Namun karena konsentrasi pigmen yang tinggi, warna butiran tampak lebih hitam.

Kandungan serat yang tinggi inilah yang menjadikan nasi hitam baik untuk kesehatan usus. Mulai dari mengatasi gangguan pencernaan dan melancarkan buang air besar.

Beras hitam bisa dimakan seperti nasi, atau bisa dipadukan dengan jenis biji-bijian lainnya.

2. Tempe

Tempe buatan sendiri di talenan kayuKonsumsi tempe juga dapat membantu menjaga kesehatan usus karena mengandung banyak nutrisi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Premyuda Yospim

Tempe merupakan bahan pangan nabati yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Faktanya, tempe seringkali menjadi sumber protein utama.

Sayangnya, bagi sebagian orang asing, tempe kurang begitu diminati. Apalagi bentuknya seperti spons.

Meski begitu, tempe mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Tempe merupakan masakan berbahan dasar kacang-kacangan yang paling bergizi karena komposisi mineral dan zat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Tingginya serat pangan pada tempe dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat ini juga mampu menjaga keseimbangan flora usus yang sehat dan menurunkan risiko penyakit usus.

Mengkonsumsi tempe dalam jumlah banyak juga dapat meningkatkan kesehatan jantung, mencegah kanker, dan mengendalikan rasa lapar.

Daftar makanan lain yang kurang umum namun sehat dapat dilihat di halaman berikutnya!

Menonton video “Toko vegetarian di Senopati ini menawarkan cita rasa restoran siap saji
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *