Jakarta

Siapa yang tidak tahu tanggalnya? Buah coklat yang satu ini memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Pada umumnya masyarakat Indonesia mengonsumsi kurma saat memasuki bulan Ramadhan atau puasa.

Selain kurma matang, banyak juga masyarakat yang berminat membeli kurma muda. Berbeda dengan kurma matang, kurma muda atau biasa disebut Rutab masih berwarna hijau dan agak kekuningan.

Rasa kurma muda tidak terlalu manis, cenderung sepat namun terasa segar. Teksturnya juga berbeda, kurma muda sedikit lebih keras sehingga terasa renyah saat digigit.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Namun banyak orang yang belum mengetahui bahwa kurma muda memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mau tahu, apa saja manfaat kurma muda bagi kesehatan? Simak pembahasannya pada artikel ini.

Beberapa manfaat kurma bagi tubuh

Mengutip buku Menggangt Rahmat di Bumi, Rasul karya Ahmad Hawassy, ​​​​​​​​​​​banyak orang yang percaya bahwa mengonsumsi kurma muda bisa mempercepat kehamilan. Namun, belum ada penelitian atau bukti valid yang mendukung klaim ini.

Namun jangan khawatir, kurma muda punya banyak manfaat lain untuk tubuh. Baca selengkapnya di bawah ini:

1. Menstabilkan Gula Darah

kurma medjoultanggal. Foto: Getty Images/iStockphoto/Enez Selvi

Kurma muda dipercaya dapat menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa kandungan gula pada kurma muda jauh lebih sedikit dibandingkan kurma tua. Selain itu, teksturnya yang berserat membuat perut terasa kenyang lebih lama.

2. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada kurma muda juga baik untuk sistem pencernaan. Menurut penelitian Jordan University of Science and Technology, konsumsi kurma muda secara rutin dapat mencegah seseorang terkena diare dan sembelit.

3. Memenuhi Cairan Tubuh

kurma medjoulTanggal Foto: Getty Images/iStockphoto/Enez Selvi

Kurma muda yang segar sebenarnya mengandung lebih banyak air. Sebab, kurma tidak banyak melalui proses pengeringan seperti kurma matang yang dijual di pasaran.

Karena banyak mengandung air, kurma muda dipercaya mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Hal ini membuat tubuh tetap terhidrasi.

4. Meningkatkan imunitas tubuh

Kurma muda mengandung senyawa antioksidan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga membuat seseorang tidak mudah terserang penyakit.

Kurma muda diklaim lebih efektif menangkal serangan radikal bebas. Selain itu, antioksidan pada kurma muda mampu menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit kronis seperti kanker dan serangan jantung. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan klaim ini.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

7 Jenis Kurma Selain Medjool dan Ajwa, Tak Kalah Istimewanya!tanggal. Foto: Jakarta

Bagi yang sedang diet, disarankan untuk rutin mengonsumsi kurma muda. Karena buah ini tinggi serat dan rendah kalori, sangat baik dikonsumsi sebagai camilan sehat.

Namun, untuk menurunkan berat badan dengan cepat, sebaiknya Anda juga menyeimbangkannya dengan menjaga pola makan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu berolahraga.

6. Mengatasi Masalah Kesuburan

Dilansir e-journal uma.ac.id, kurma muda dipercaya bisa menjadi obat untuk mengatasi masalah kesuburan, khususnya bagi pria. Biji kurma dan serbuk sari diketahui mengandung senyawa yang berfungsi seperti hormon reproduksi baik pada pria maupun wanita.

Selain itu, vitamin B6 pada kurma muda dipercaya mampu menyeimbangkan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Kedua tahapan ini sangat penting untuk proses reproduksi.

Menonton video “ 5 Kunci Menjaga Keamanan Pangan
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *