Jakarta

Di Bogor ada banyak kuliner legendaris yang patut untuk dicoba. Salah satunya adalah bakso yang sudah banyak dijual sejak tahun 1970an-1980an di kota hujan. Ini daftarnya!

Bakso merupakan hidangan 'makanan yang menenangkan' bagi banyak orang Indonesia. Penjual bakso sudah ada sejak lama dan banyak diantaranya yang masih bertahan hingga saat ini dan pantas mendapat label legenda.

Bakso legendaris juga bisa Anda temukan di Bogor yang merupakan surganya kuliner. Bakso sudah dijual sejak tahun 1970-an, namun menunya masih populer hingga saat ini.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Beberapa penjual juga berkreasi dengan menu baksonya agar lebih disukai pelanggan. Misalnya dengan menggulung bakso, menambahkan topping gorengan, hingga paru goreng.

Berikut 5 bakso legendaris di Bogor yang patut untuk dicoba:

1. Ba'so Seuseupan

Ba'so Seuseupan BogorFoto: Instagram jeschristie

Ba'so Seuseupan terbilang legenda di Bogor karena sudah ada sejak tahun 1984. Bakso ini diolah dengan resep turun temurun.

Cabangnya terletak di Jl. Bangbaru Raya No. 3 dan Jl. Raya Tapos No.1, Rt03/Rw01 Banjar Waru, Kecamatan. Ciawi Bakso di sini unik karena menggunakan topping tetelan goreng yang renyah dan gurih.

Menunya dibanderol mulai Rp 22 ribu. Tersedia pilihan Bihun Baso, Mee Baso, Bakso Sayur dan Bakso Campur. Jenis bakso urat dan telur spesial yang sayang untuk dilewatkan.

2. Bakso PMI

Bakso PMI BogorFoto: dok. detikFood

Bicara soal enaknya bakso di Bogor, Bakso PMI banyak yang suka. Restoran ini didirikan pada tahun 1980. Lokasi pertamanya berada di belakang Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Bogor, tepatnya di Jalan Abiyasa Raya No. 69.

Meski demikian, PMI juga mengacu pada konsep menu bakso di sini yaitu “Puas dengan Isinya”. Lokasi terbaru berada di Jl. Panduan No.150.

Menu utamanya adalah bakso misil, yaitu bakso yang berisi daging cincang dan urat daging sapi dalam jumlah banyak. Lalu ada mie ayam, bihun dan kwetiau. Harganya sekitar Rp 28 ribu untuk bakso campur.

3. Bakso Kikil Pak Jaka

Bakso Pak Jaka berlokasi di Suryakencana, Bogor.Foto: detikFood/Zahrah Zayyan Layalia

Jalan-jalan ke Suryakencana yang terkenal sebagai kawasan kuliner di Bogor, mampir ke Bakso Kikil Pak Jaka. Bakso ini kabarnya sudah ditawarkan sejak tahun 1993.

Kikil menjadi pelengkap bakso di sini. Teksturnya yang kenyal lembut membuat ketagihan. Bakso kikil ada yang berisi bakso berukuran sedang, bihun atau kwetiau, potongan kikil, sayur mayur dan pelengkap lainnya.

Anak Pak Jaka, Pak Hendrik, mengaku mampu menjual ratusan porsi bakso setiap harinya. Harga makan Bakso Kikil Pak Jaka sekitar Rp 18 ribu di aplikasi ojek online.

Lebih detailnya ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *