Jakarta

Tahukah Anda kalau cangkir kopi dan cangkir teh memiliki ukuran yang berbeda-beda? Ternyata ada alasan khusus kenapa takaran kedua minuman berkafein ini berbeda. Inilah alasannya!

Teh dan kopi merupakan dua jenis minuman yang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Biasanya diminum sebagai pendamping menu sarapan atau sebagai camilan sore hari.

Selain membuatnya sendiri di rumah, ada juga penggemarnya yang gemar membeli teh dan kopi di kedai favoritnya. Namun, pernahkah Anda memperhatikan bahwa cangkir saji memiliki ukuran yang berbeda-beda?

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Cangkir teh cenderung lebih kecil dan lebar, dengan luas permukaan yang luas untuk membantu teh panas lebih cepat dingin. Gelas dengan permukaan lebih lebar ini membantu minuman lebih banyak terkena udara.

Sebaliknya, cangkir kopi cenderung lebih tinggi dan sempit. Tujuannya adalah untuk menjaga kopi tetap panas selama mungkin.

Ada beberapa alasan lain mengapa kedua cangkir minum ini memiliki ukuran yang berbeda. Dirangkum dari beberapa sumber, simak penjelasannya berikut ini:

1. Cangkir teh untuk teh santai

cangkirCangkir teh biasanya memiliki ukuran cangkir yang lebih kecil dengan permukaan yang lebih lebar. Foto: Shutterstock/

Tidak semua teh diseduh menggunakan air mendidih. Teh hitam atau teh herbal diseduh dengan suhu panas dan mendidih. Namun jenis teh, seperti teh hijau, diseduh dengan suhu yang lebih rendah.

Selain itu, umumnya cangkir teh dirancang untuk menampung teh yang sangat panas. Secara budaya, cangkir teh berukuran lebih kecil dan lebar karena dimaksudkan untuk sesi minum santai.

Cangkir teh juga biasanya terbuat dari porselen halus.

2. Cangkir kopi lebih ditujukan untuk konsumsi cepat

Minum kopi di pagi hari berdampak buruk bagi kesehatan Anda, kata para penelitiSedangkan kopi memiliki cangkir yang lebih besar. Foto: Getty Images/iStockphoto/Suwanmanee99

Kopi biasanya diminum untuk menambah energi dan membuat seseorang lebih waspada.

Menurut thedailymeal.com (15/02), sebelumnya cangkir kopi berukuran lebih kecil. Namun, kini hal itu telah berubah. Rata-rata secangkir kopi adalah delapan hingga sepuluh ons (sekitar 250-300 ml). Ukurannya juga bisa lebih besar.

Kecuali kopi yang Anda minum adalah espresso. Tentu saja akan disajikan dalam gelas kaca kecil.

Alasan lain mengapa cangkir kopi dan teh berbeda dapat dilihat di halaman berikutnya!

Menonton video “M. Aboe Talib Kedai Kopi Tabanan Menyajikan Kopi Susu Saring Sejak Tahun 1940
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *