Jakarta

Sirsak (Annona muricata) merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tak hanya dagingnya, daunnya juga punya banyak manfaat untuk tubuh.

Sejumlah peneliti mengungkap beragam manfaat daun sirsak, mulai dari menyembuhkan maag hingga mengobati kudis. Meski begitu, ada beberapa manfaat yang masih diteliti lebih lanjut.

Mau tahu, apa saja manfaat daun sirsak untuk tubuh? Baca penjelasan lengkapnya di artikel ini.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Manfaat Daun Sirsak untuk Tubuh

Pada umumnya daun sirsak diolah dengan cara direbus lalu diminum selagi hangat. Bisa juga dengan digiling hingga halus lalu dioleskan pada kulit.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat daun sirsak.

1. Mengatasi peradangan

Manfaat yang pertama adalah dapat melawan peradangan. Hal ini dikarenakan daun sirsak mengandung sifat anti rematik dan neuralgin yang efektif mengobati beberapa peradangan seperti sistitis, disentri, demam, diare, dan ruam kulit.

2. Mengatasi sakit maag

Daun sirsak dapat digunakan sebagai obat herbal sakit maag. Dilansir situs Stylecraze, daun sirsak mengandung zat anti inflamasi yang mampu meredakan nyeri pada tubuh, salah satunya mengobati maag.

3. Mencegah Radikal Bebas

Daun sirsak diklaim mampu mencegah radikal bebas. Hal ini dikarenakan daun sirsak mengandung antioksidan yang tinggi.

Sebagai informasi, antioksidan mampu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang menyebar di dalam tubuh dapat merusak jaringan sel.

Mengonsumsi daun sirsak secara rutin dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan air rebusan daun sirsak mengandung senyawa flavonoid yang dipercaya efektif mencegah pembentukan kolesterol dalam darah.

5. Menyembuhkan luka

Daun sirsak juga bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan. Dianjurkan untuk mengonsumsi daun sirsak dengan cara ditumbuk hingga halus. Setelah itu rebus daun sirsak yang ditumbuk hingga matang, lalu minum selagi masih hangat.

6. Melawan Kanker

Menurut penelitian Fakultas Bioteknologi dan Ilmu Biomolekuler Universiti Putra Malaysia, daun sirsak mampu melawan kanker. Penelitian mengungkapkan bahwa daun sirsak mampu melawan sel kanker payudara.

Selain itu, ekstrak daun sirsak dipercaya mampu mengecilkan tumor dan membunuh sel kanker dalam tubuh. Namun, peneliti memerlukan penelitian lebih lanjut untuk mengungkap manfaat tersebut.

7. Mengatasi susah tidur

Manfaat daun sirsak lainnya adalah dapat mengatasi insomnia. Hal ini berkat kandungan triptofan pada daun sirsak yang mampu membuat otot lebih rileks sehingga tidur lebih nyenyak.

8. Menyembuhkan sakit gigi

Daun sirsak mengandung senyawa antibakteri sehingga mampu mencegah pertumbuhan berbagai bakteri seperti streptococcus mutans, streptococcus mitis, porphyromonas gingivalis, dan candida albicans. Jenis bakteri di atas dapat menyebabkan beberapa penyakit gigi seperti periodontitis dan gingivitis.

9. Menstabilkan Tekanan Darah

Menurut beberapa penelitian, daun sirsak dipercaya mampu menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Soalnya, daun sirsak mengandung potasium dan zat besi yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

10. Menghilangkan Jerawat

Manfaat daun sirsak yang terakhir adalah dapat menghilangkan jerawat. Cara penggunaannya juga mudah, siapkan 5-6 lembar daun sirsak, lalu cuci bersih, lalu tumbuk hingga halus.

Setelah itu, tuangkan sedikit air ke dalam daun sirsak, lalu basuh ke seluruh wajah. Agar jerawat cepat hilang, gunakan daun sirsak secara rutin pada malam hari sebelum tidur.

Inilah 10 manfaat daun sirsak untuk tubuh. Semoga artikel ini dapat membantu detikers.

Menonton video “ 5 Kunci Menjaga Keamanan Pangan
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *