Sumedang

Belalang goreng merupakan menu khas di beberapa daerah di Indonesia. Salah satunya di Kabupaten Sumedang. Menu belalang goreng ini cukup populer!

Berbicara kuliner khas Sumedang, ternyata tak hanya tahu saja, belalang goreng juga eksotik. Menu belalang goreng ini bisa ditemukan di Kecamatan Ujungjaya. Seperti yang ditemui detikJabar di salah satu warung di Jalan Ali Sadikin baru-baru ini.

Belalang goreng ditawarkan dengan tekstur yang cukup renyah dan rasa yang enak. Warna kecoklatan menandakan belalang telah digoreng kering.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Cicin (36), pemilik Warung Elqisya atau warung yang menjual belalang goreng mengatakan, belalang goreng sudah menjadi jajanan khas di Kecamatan Ujungjaya sejak lama. Namun makanan ini biasanya datang bersamaan dengan musim panen.

“Belalang mengikuti musim panen baik padi maupun tebu,” ujarnya kepada detikJabar, baru-baru ini.

Cicin sendiri hanya menjual belalang goreng. Makanan ini biasanya ia dapatkan dari kakaknya yang menyuplai ke tokonya.

Jajanan belalang goreng yang ia jual cukup populer. Mereka yang membeli biasanya akan memesan terlebih dahulu.

Penjual goreng loreng di sumedangPenjual belalang goreng di Sumedang Foto: Nur Azis

“Iya, biasanya kakak saya kirim ke warung sebanyak 20 bungkus dan biasanya dipesan terlebih dahulu, biasanya yang membeli adalah sopir truk yang lewat,” jelasnya.

Mengolah belalang goreng cukup mudah. Sebelum digoreng kering, belalang yang sudah dibersihkan kemudian dicampur dengan beberapa bumbu terlebih dahulu.

“Biasanya digoreng kering, terlebih dahulu ditaburi bumbu seperti asam jawa, gula pasir dan penyedap rasa lainnya,” jelasnya.

Belalang goreng yang dijual Cicin harganya Rp 6.000 per bungkus.

Belalang goreng yang dijual di warung Cicin bisa menjadi lauk nikmat saat menyantap nasi. Terutama disajikan segar dari wajan.

Namun bagi Anda yang memiliki riwayat alergi terhadap serangga termasuk belalang, ada baiknya tidak mengonsumsi belalang goreng atau berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Artikel ini telah tayang di detikjabar dengan judul Belalang Goreng Renyah Enak Spesial Ujungjaya Sumedang

(adr/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *