Jakarta

Selada merupakan sayuran yang mudah layu dan busuk. Ternyata salad bisa tetap segar dan segar hingga 14 hari dengan tips ini. Begini caranya!

Salad adalah sayuran yang populer di dunia. Selada terdiri dari berbagai jenis, seperti selada, butterhead, lolorosa dan lain-lain. Biasanya dimakan segar sebagai campuran salad atau isian sandwich dan burger.

Ciri khasnya adalah irisannya tipis dan teksturnya renyah saat dimakan segar. Sayangnya, banyak jenis selada yang mudah layu.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Jika disimpan dalam waktu lama dan tidak tepat, selada akan mudah busuk. Hasilnya, teksturnya menjadi lembut, rata, dan tidak renyah lagi.

Cara menyimpan salad agar tahan 1 bulan.Salad bisa tetap segar dengan tips penyimpanan yang tepat. Foto: istock/TikTok @tastegreatfoodie

Berbagai tips menyimpan selada pun bermunculan, salah satunya menjanjikan selada bisa tetap segar hingga 14 hari. mengutip Cermin Inggris (21/2/2024), tips ini dibagikan oleh Nicole Keshishian alias Kale Junkie.

Dia adalah penulis buku masak dan pembuat konten dengan 1,6 juta pengikut di Instagram. Nicole menyadari bahwa selada yang layu merupakan masalah yang banyak dihadapi oleh para pecinta sayuran, apalagi selada biasanya tidak dimakan sekaligus.

Nicole membeberkan tips menyimpan salad. Pertama, cuci daun selada hingga bersih lalu keringkan dengan kertas dapur atau salad sinter. Setelah itu, potong kepala selada dan bungkus sayuran dengan handuk dapur kering.

Masukkan daun selada yang sudah dibungkus tisu ke dalam kantong kedap udara (Ziplock), lalu masukkan ke dalam lemari es. Fungsi kertas dapur adalah untuk menyerap kelembapan berlebih dan menjaga kesegaran salad lebih lama.

Selain itu, penggunaan kantong Ziplock dapat mencegah munculnya gas etilen yang menyebabkan produk segar seperti selada cepat kadaluarsa.

Selada bisa tetap segar dengan menyimpannya di lemari es.Selada bisa tetap segar dengan menyimpannya di lemari es. Foto: Getty Images/iStockphoto/somkku

Menurut Nicole, tips menyimpan salad ini berhasil karena digunakan untuk semua jenis salad. Ia juga mengatakan ia bisa menjaga selada tetap segar hingga 14 hari dengan mengikuti tips berikut ini.

Anda juga bisa mencoba tips menyimpan salad yang sebelumnya sedang viral ini. Pembuatnya mengklaim saladnya bisa tetap segar hingga 1 bulan.

Seorang pengguna TikTok bernama Lama asal Florida, AS menjelaskan langkah-langkah menyimpannya. Pertama, yang Anda butuhkan hanyalah toples.

Anda bisa menggunakan toples kaca atau plastik, lalu masukkan salad ke dalamnya. Jangan langsung ditutup, tapi tambahkan air hingga menutupi seluruh bagian selada. Kemudian tutup dan simpan di lemari es.

“Cara ini sangat baik untuk menjaga kondisi salad tetap baik dan segar. Menambahkan air ke dalamnya bisa membuat salad bertahan selama 1 bulan jika disimpan di lemari es,” kata Lama dalam video tersebut.

(alamat/pergi)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *