Jakarta

Video viral pekerja restoran di Thailand membersihkan peralatan makan dengan cara yang tidak sehat. Video tersebut menyebar dengan cepat dan membuat restoran ini menjadi sorotan.

Kondisi dapur restoran atau restoran menjadi penilaian penting bagi pelanggan. Pelanggan pasti menginginkan dapur restoran bersih dan rapi, termasuk bagaimana restoran membersihkan peralatan makan atau dapurnya.

Sebab, jika hal seperti ini tidak diperhatikan dengan baik maka akan berisiko bagi kesehatan pelanggan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Sayangnya, tidak semua dapur di restoran atau rumah makan dijamin bersih. Seperti restoran di Thailand yang menjadi sorotan setelah diketahui cara karyawannya mencuci peralatan makan pelanggannya.

Awal mula restoran ini disorot karena seorang pelanggan memposting video di grup Facebook We Are Consumers. Diketahui, kejadian tersebut terjadi di sebuah restoran nasi ayam ternama di Jalan Banthat Thong, Thailand.

Video pendek tersebut menunjukkan praktik kebersihan restoran yang dipertanyakan. Seorang pekerja restoran terlihat membersihkan gelas dan sedotan yang digunakan pelanggan hanya dengan mencelupkannya ke dalam ember berisi air.

Viral Video Mencuci Peralatan Makan Kotor, Restoran Ini Jadi Fokusnya!Saat pekerja mencuci peralatan makan pelanggan hanya dengan memasukkannya ke dalam ember berisi air dicatat. Foto: Facebook / Thanaphat Pakdeera

Jangan mencuci atau menggunakan sabun untuk mencuci alat masak terlebih dahulu. Setelah itu segera diambil dan ditumpuk untuk dikeringkan di rak, sebelum akhirnya digunakan oleh pelanggan baru.

Bahkan, belum diketahui secara pasti apakah restoran tersebut benar-benar mencuci peralatan makan pelanggannya dengan cara seperti itu atau tidak. Namun, video ini meresahkan banyak orang.

Viral Video Mencuci Peralatan Makan Kotor, Restoran Ini Jadi Fokusnya!Aksi para buruh tersebut pun mendapat perhatian banyak pihak. Foto: Facebook / Thanaphat Pakdeera

Banyak netizen yang berkomentar jijik dan khawatir dengan potensi penyebaran penyakit, seperti hepatitis B, C, E, bahkan Covid-19. Video ini pun memicu perdebatan mengenai standar kebersihan dan keamanan restoran tersebut, dilansir thethaiger.com (23/02).

Praktik pekerja restoran ini pun menimbulkan pertanyaan mengenai efektivitas metode pembersihan peralatan makan tersebut.

Cara membersihkan peralatan makan yang tidak higienis ini juga menimbulkan pertanyaan tentang risikonya terhadap kesehatan masyarakat.

Untuk menghindari risiko kesehatan, beberapa warganet menyarankan untuk menolak menggunakan kacamata atau alat makan di restoran. Gunakan hanya sedotan yang dibungkus plastik, dan bawalah wadah minuman sendiri.

Thanaphat Pakdeerak, pihak yang menyebarkan video ini menjelaskan, unggahan tersebut tidak bermaksud mempermalukan pihak restoran. Namun, dia ingin meningkatkan kesadaran tentang kebersihan di kalangan masyarakat.

Ia juga menekankan tanggung jawab setiap orang dalam menjaga kesehatannya. Hal ini juga mengingatkan bahwa setiap restoran harus mematuhi standar kebersihan yang ketat untuk melindungi pelanggannya.

Menonton video “Nikmati Prasmanan Sunda di BSD Lakeside Resto
[Gambas:Video 20detik]
(Aqr/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *