Jakarta

Banyak orang yang menderita sakit tenggorokan saat cuaca tidak stabil seperti sekarang. Untuk mengatasinya, cobalah praktikkan 7 minuman pereda sakit tenggorokan berikut ini.

Sakit tenggorokan mengganggu kehidupan sehari-hari karena rasa sakit yang ditimbulkannya. Tak jarang, karena sakit tenggorokan, Anda tidak nafsu makan.

Meski sulit menelan, saat sakit tenggorokan Anda tetap perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa meredakan rasa sakitnya. Semua makanan dan minuman menenangkan, mudah ditelan dan kaya nutrisi.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Bagi yang sedang mencari minuman obat sakit tenggorokan, berikut daftarnya:

1. Es loli buah

Rasa es loli yang sedingin es dapat meredakan sakit tenggorokan secara instan. Tapi jangan berpikir Anda bisa minum es loli sembarang. Yang terbaik adalah mencari es loli yang terbuat dari buah dan jus asli.

Anda bisa membuat es loli dalam cetakan bebas BPA dengan buah-buahan kaya antioksidan seperti blueberry, jus delima, dan ceri. Anda juga bisa memadukan sayuran hijau dengan memadukan sayuran berdaun hijau atau bayam dengan buah hijau, seperti kiwi.

2. Teh kamomil

Teh Oolong dan Chamomile.  Teh oolong memiliki kandungan kafein sedang, satu cangkir teh oolong (240 ml) mengandung sekitar 37-55 mg kafein.  Meski teh kamomil biasanya dikonsumsi sebagai minuman relaksasi, namun teh ini juga mengandung kafein meski dalam jumlah kecil.  Satu cangkir teh kamomil (240 ml) mengandung sekitar 2 mg kafein.Foto: Getty Images/ValentynVolkov

Seduh kantong teh kamomil dalam secangkir air panas jika nanti Anda sakit tenggorokan.

Selain memberikan senyawa anti inflamasi, kamomil dapat membantu orang cepat tertidur. Beberapa bukti menunjukkan bahwa wanita pasca melahirkan yang meminum teh kamomil sebelum tidur memiliki kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak.

Mengutip Health, tidur sangatlah penting saat Anda sedang sakit, karena tidur memungkinkan tubuh Anda beristirahat sekaligus melawan bakteri atau virus yang menyebabkan Anda merasa sakit. Jika kurang tidur, jumlah sel pembunuh alami (NK) akan berkurang. Sel NK berperan dalam mengurangi risiko penyakit seperti infeksi virus.

3. Jahe

Akar jahe segar adalah antioksidan kuat. Manfaat jahe yang meningkatkan kesehatan juga mencakup efek anti-inflamasi dan anti-kanker.

Kupas, parut dan tambahkan jahe ke berbagai minuman sakit tenggorokan seperti teh kamomil dengan madu atau smoothie.

4. Sayang

SayangFoto: Getty Images/iStockphoto/Kosolovskyy

Jika batuk menyertai sakit tenggorokan Anda, madu bisa membantu. Yang manis-manis bisa digunakan sebagai pereda batuk. Selain itu, madu memberikan sifat antioksidan, antimikroba, dan antiinflamasi.

Carilah madu mentah organik dan tambahkan madu ke teh kamomil atau oatmeal. Bisa juga dijadikan bahan smoothie atau dimakan langsung.

Lebih detailnya ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *