Jakarta

Lemon diketahui mengandung banyak vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya. Jus lemon yang dicampur dengan segelas air dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Namun apakah itu benar?

Dilansir laman Healthline, lemon memiliki kandungan kalori yang rendah. Lemon juga menyimpan vitamin C, A, E, B9 (folat), kalsium, magnesium, potasium dan fosfor. Kandungan air dalam satu buah lemon juga cukup tinggi.

Segelas air lemon yang diminum sebelum makan dapat membantu mengurangi porsi makan. Hal ini karena efek kenyang yang ditimbulkan jika meminumnya sebelum waktu makan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Selain itu, air lemon dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, mengurangi kembung dan rasa tidak nyaman pada perut. Secara tidak langsung, manfaat ini mendukung penurunan berat badan.

Untuk membuat air lemon, simak caranya pada uraian di bawah ini.

5 Cara Membuat Air Lemon untuk Diet

Membuat air lemon sangatlah mudah. Bahan alami lainnya juga bisa ditambahkan untuk menambah rasa dan manfaat penurunan berat badan. Berikut cara membuat air lemon untuk diet yang diambil dari Stylecraze.

1. Lemon + Air Hangat

Untuk membuat limun, pertama-tama peras setengah jeruk nipis dan ekstrak sarinya. Air perasan lemon ini kemudian bisa dicampur dengan segelas air hangat lalu diaduk. Ini adalah cara termudah untuk minum air lemon.

2. Lemon + Madu

Selain lemon, madu juga berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi jus lemon dengan tambahan madu dan air hangat, tubuh mendapat dorongan energi yang mendorongnya untuk tetap aktif sepanjang hari.

3. Lemon + Daun Mint

Daun mint kaya akan antioksidan dan antimikroba. Daun ini juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan.

Petik beberapa daun mint segar untuk membuat limun, lalu cuci hingga bersih. Daun mint bisa dihaluskan terlebih dahulu atau langsung dicampurkan ke dalam segelas air lemon.

4. Lemon + Mentimun

Jika Anda memiliki mentimun di lemari es, jangan dibuang. Mentimun bisa diiris tipis menjadi beberapa bagian lalu dicampur dengan segelas air dan jus lemon. Jus timun lemon ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, timun juga mengandung nutrisi yang berguna untuk detoksifikasi tubuh dan mencegah sembelit.

5. Lemon + Jahe

Rempah-rempah seperti jahe juga bisa bermanfaat untuk diet penurunan berat badan. Caranya, haluskan 1 cm jahe terlebih dahulu lalu campurkan ke dalam segelas air hangat yang telah ditambahkan perasan lemon.

Jahe diketahui memiliki sifat anti inflamasi yang membantu mengurangi rasa sakit. Selain itu rempah ini juga dapat mengobati gangguan pencernaan, melawan obesitas dan diabetes.

Waktu Terbaik Minum Air Lemon untuk Diet

Untuk membantu menurunkan berat badan saat diet, Anda bisa meminum segelas air lemon di pagi hari saat perut kosong. Hal ini karena lemon mampu menghilangkan lemak yang menumpuk di perut dan bagian tubuh lainnya.

Selain itu, air lemon dengan sedikit garam juga bisa dikonsumsi saat sesi olahraga. Dan minum air lemon 30 menit sebelum makan siang atau makan malam membantu Anda merasa kenyang sehingga porsi makan bisa lebih sedikit.

Penting untuk diketahui bahwa minum air lemon saja tidak dapat menurunkan berat badan secara signifikan. Air lemon hanya berfungsi sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan seimbang. Agar berhasil menurunkan berat badan, olahraga teratur juga diperlukan.

Menonton video “Studi Sebut Diet Rendah Lemak Lebih Efektif Dibanding Keto
[Gambas:Video 20detik]
(usn/fds)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *