Jakarta

Makanan tinggi serat aman untuk usus, bahkan dapat membantu melancarkan pencernaan. Seperti 5 makanan berikut ini yang juga tinggi serat dan baik untuk usus.

Serat penting untuk mendukung kesehatan usus. Namun penelitian baru di Daily Mail menunjukkan bahwa serat adalah nutrisi yang jauh lebih kompleks daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Serat berperan protektif dalam segala hal mulai dari mendukung kesehatan jantung, mengurangi risiko stroke, diabetes tipe-2, dan bahkan membantu mengatasi depresi.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Untuk itu, setiap individu dianjurkan mengonsumsi serat minimal 30 gram per hari.

Selain manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat yang paling istimewa adalah membantu kesehatan usus, dengan menjaga segala sesuatu tetap bergerak melalui usus.

Sayangnya, belum banyak orang yang memahami pentingnya asupan serat. Jika ingin menjaga kesehatan usus dan melancarkan pencernaan, mulailah mengonsumsi makanan tinggi serat.

Jangan lupa imbangi dengan minum banyak cairan agar feses tidak terlalu kering dan tidak menyebabkan sembelit.

Di antara beberapa makanan tinggi serat, ada beberapa makanan tak terduga yang ternyata juga tinggi serat. Melansir Dailymail.co.uk (20/02), berikut daftar makanannya!

1. Roti alpukat dan gandum

Resep Roti Bakar Telur AlpukatRoti gandum campur alpukat dikenal sebagai makanan berserat tinggi. Foto: Dok. Susan Carolina

Alpukat dan roti adalah kombinasi makanan yang sempurna. Setengah buah alpukat pada roti gandum utuh mengandung 10,5 gram serat. 35% dari jumlah harian yang direkomendasikan.

Alpukat sendiri kaya akan serat. Setengah buah alpukat menyediakan lebih dari 20% kebutuhan serat harian. Buah ini juga mengandung lemak tak jenuh tunggal dalam jumlah yang lebih sehat.

Alpukat mengandung potasium dan folat yang diduga membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi dari penyakit jantung.

Sajikan alpukat pada roti gandum untuk hidangan memuaskan dengan banyak serat. Pastikan juga Anda memilih roti gandum karena mengandung lebih banyak serat, sekitar 2 gram dibandingkan roti tawar.

2. Cokelat Hitam

Inilah perbedaan dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolateCokelat hitam juga tinggi serat dan flavonoid. Foto: Getty Images/iStockphoto/bhofack2

Cokelat hitam atau dark chocolate juga merupakan makanan berserat tinggi. 30 gram dark chocolate 85% mengandung 3,9 gram serat. 13% dari jumlah harian yang direkomendasikan.

Cokelat hitam berkualitas baik mengandung setidaknya 70% padatan kakao yang dapat memberikan serat dalam jumlah besar serta flavonoid, zat besi, magnesium, dan seng.

Bahan-bahan ini penting untuk menjaga tingkat energi dan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Makanan berserat tinggi ramah usus lainnya dapat ditemukan di halaman berikutnya!

Menonton video “Toko vegetarian di Senopati ini menawarkan cita rasa restoran siap saji
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *