Jakarta

Makanan pedas atau paling pedas selalu mencuri perhatian. Di Asia Tenggara, setidaknya ada 5 makanan yang dikatakan paling pedas. Berani mencoba?

Pedasnya masakan akibat penggunaan cabai selalu sukses menambah nafsu makan. Bagi yang tidak tahan dengan makanan pedas selalu mencari sumber bumbu ini agar lebih semangat.

Negara-negara di Asia Tenggara punya banyak makanan pedas yang bisa dicoba oleh pecinta pedas. Ada banyak variasinya, dari sup hingga goreng. Semuanya mempunyai ciri dan keistimewaan masing-masing.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Mengutip Instagram seasia.foodie (20/2/2024), berikut 5 makanan terpedas di Asia Tenggara:

1. Pad Kra Prao – Thailand

5 Makanan Pedas di Asia Tenggara, Berani Coba?Foto: iStock

Thailand, negara dengan banyak makanan lezat, menjadi incaran para wisatawan. Salah satunya adalah pad kra prao atau phat kaphrao yang merupakan salah satu makanan terpopuler di sana.

Oleh penduduk setempat, menu ini disebut juga dengan “The Desperate Menu” atau menu yang dibuat ketika Anda tidak tahu harus makan apa. Sederhananya, pad kra prao adalah ayam tumis dengan kemangi pedas segar. Ayam yang digunakan adalah ayam cincang. Beberapa orang juga suka menggantinya dengan daging giling atau babi.

Untuk membuatnya, Anda bisa menggunakan cabai Thailand sebagai sumber pedasnya. Kemudian tambahkan daun kemangi secukupnya untuk menambah aroma dan rasa segar yang khas. Bumbu lainnya adalah bawang putih, gula pasir, dan beberapa saus tambahan.

2. Mala Hin – Myanmar

5 Makanan Pedas di Asia Tenggara, Berani Coba?Foto: migrasiologi

Myanmar juga punya kuliner yang tak kalah menarik dan eksotik. Bagi yang suka pedas dan sayur bisa memilih mala hin. Sayuran tumis ini diisi dengan tahu, kacang-kacangan, wortel, bihun, dan terkadang sayuran musiman lainnya.

Semua isiannya disiram saus kacang pedas dan terkadang ditaburi kacang tanah. Mala hin sekilas terlihat seperti tumisan yang mudah dibuat di rumah, namun konon lebih enak.

3. Kari Laksa – Malaysia

5 Makanan Pedas di Asia Tenggara, Berani Coba?Foto: iStock

Laksa merupakan makanan populer di beberapa negara Asia Tenggara. Dari Malaysia ada kari laksa yang konon salah satu masakannya paling pedas.

Kari laksa atau kadang disebut laksa adalah kuah santan yang diisi dengan udang, daging sapi, tauge, dan cabai. Ada juga isian mie seperti bihun atau mie kuning. Hidangan ini sangat pedas, namun bisa dibuat kurang pedas dengan menghilangkan cabai.

Bumbu utamanya adalah sesendok sambal atau terasi dan terasi. Kemudian di atasnya diberi daun laksa atau daun kesum dalam bahasa setempat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *