Jakarta

Kurang dari seminggu lagi, umat Islam akan merayakan bulan suci Ramadhan. Selain melakukan persiapan beribadah, umat Islam khususnya para ibu juga perlu mulai menyiapkan makanan dan bumbu-bumbu.

Tak terasa tinggal beberapa hari lagi memasuki bulan Ramadhan. Di bulan istimewa ini, umat Islam perlu mempersiapkan diri untuk bisa rajin beribadah.

Bulan ini umat Islam akan berpuasa. Puasa menurut Islam berarti berpantang makan, minum dan hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa. Dimulai dari terbitnya matahari (fajar) hingga terbenamnya matahari (magrib) dengan niat Allah dan disertai syarat.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Saat berpuasa, umat Islam juga dianjurkan untuk berbuka dan berbuka puasa. Hal ini perlu dipikirkan agar tubuh terisi energi terlebih dahulu sebelum akhirnya berpuasa tanpa makan atau minum selama beberapa jam.

Di hari-hari pertama bulan Ramadhan, umat Islam pasti ingin sahur dan berbuka puasa bersama keluarga. Nikmati masakan rumahan dengan resep-resep yang familiar di mulut Anda bahkan menjadi favorit Anda.

Oleh karena itu, menjelang puasa Ramadhan seperti ini, para ibu di rumah dan anak kos sepertinya perlu mulai menyiapkan makanan dan bumbu untuk persiapan sahur dan berbuka puasa.

Hal ini bisa Anda mulai lakukan agar tidak bingung lagi dalam menentukan menu sahur atau berbuka. Selain itu, bisa lebih hemat juga.

Anda bisa mulai membeli bahan dasar lauk pauknya, seperti ayam, daging, ikan, sayur mayur, bahkan telur.

Selain lauk pauk, Anda juga perlu menyiapkan bumbu masakan. Mulai dari bumbu dasar halus seperti bumbu merah, bumbu putih, hingga bumbu kuning. Kaldu bumbu ini hanya perlu dicampur dengan bahan masakan saja.

belanjaBerikut beberapa tips berbelanja makanan yang perlu Anda ingat. Foto: Getty Images/Edwin Tan

Misalnya saja bumbu merah yang bisa digunakan untuk membuat olahan balado telur. Bumbu putih bisa digunakan untuk berbagai macam tumisan. Bumbu kuning juga bisa diolah untuk membuat masakan berkuah, seperti soto.

Selain mengolah bumbu dasar giling secara terpisah, Anda juga bisa merendam berbagai lauk pauk dengan berbagai bumbu berbeda. Seperti olahan ayam yang bisa di marinasi dengan bumbu kuning hingga matang menjadi katsu ala Jepang.

Sama halnya dengan daging, Anda bisa mulai merendamnya dengan bumbu teriyaki jepang dan lain sebagainya. Lauk yang diasinkan ini kemudian dapat disimpan di lemari es atau freezer.

Saat ingin sahur dan berbuka, Anda hanya perlu menggoreng atau memasak masakan yang sudah disiapkan terlebih dahulu. Mempersiapkan memasak sebelum puasa dapat menghemat waktu sahur dan berbuka puasa.

Jika Anda tidak punya waktu untuk menyiapkan bumbu dan bahan lainnya, Anda juga bisa membelinya dalam keadaan beku.

belanjaSebelum berpuasa Anda perlu menyiapkan bumbu masakan. Foto: Getty Images/Edwin Tan

Selain itu, Anda juga perlu berhati-hati saat berbelanja. Saat ini jumlah bahan baku di pasar dan supermarket semakin meningkat. Misalnya saja harga cabai merah 120 ribu/kg, ayam 40 ribu/kg, telur 32 ribu/kg, serta harga udang dan ikan juga ikut naik.

Oleh karena itu, cari tahu bahan apa saja yang sebaiknya diprioritaskan dan dapat disimpan dalam jangka waktu yang relatif lama.

Dalam ulasan spesial Ramadhan kali ini, detikFood mengajak Anda untuk lebih berhati-hati saat berbelanja sekaligus menyiapkan bahan dan bumbu masakan yang bisa Anda stok. Diikuti dengan berbagai tips berbelanja, cara menimbun bumbu, sup, dan saran beberapa jenis makanan beku. Lanjutkan membaca artikel selengkapnya di detikfood!

Menonton video “Penjual Takjil Goreng di Masjid Sunda Kelapa Raih Untung di Bulan Ramadhan
[Gambas:Video 20detik]
(Aqr/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *