Jakarta

Penemuan toko McDonald's di Alaska menjadi perbincangan. Meski tokonya terbengkalai, menu McD tahun 1994 menarik perhatian karena dinilai sangat murah.

McDonald's adalah salah satu restoran cepat saji paling populer di dunia. Restoran ini sudah ada selama beberapa dekade, tepatnya pada tahun 1955. Cabang pertama berlokasi di California, Amerika Serikat.

Setelah restoran ini dibuka dan digandrungi banyak orang, akhirnya berkembang ke lebih dari 100 negara. Bahkan, mereka pergi ke beberapa pulau atau kota kecil, seperti Pulau Adak, Alaska, Amerika Serikat.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Sayangnya, toko McD di Pulau Adak Alaska ini ditutup dan ditinggalkan. Namun yang mengejutkan dengan penemuan McD adalah harga menunya pada tahun 1994 dinilai sangat murah.

Chris Luckhardt adalah orang yang menemukan dan membagikan kondisi toko bekas McD di Alaska. Dari segi konsep dan tampilan gerainya sebenarnya sama dengan gerai McD jaman dulu di tahun 90an.

Namun, yang mengejutkan adalah menunya. Deretan menu masih terlihat di papan tulis berwarna kuning dan kusam.

Toko McD Bekas Tahun 1994 Ini Bakal Bikin Kejutan, Menunya Murah Banget!Pria ini menemukan gerai McD yang ditinggalkan dan papan menunya kusam seperti ini. Foto: Instagram / Chris Luckhardt

Nama menu makanannya pun unik, seperti 'Dino-Size Fries' yang mungkin ada hubungannya dengan film 'Jurassic Park' tahun 1993. Ada juga Happy Meals berisi mainan dari 'Bobby's Worls', serial animasi yang tayang di tahun 1990-an.

Beralih ke harga menu murah, di papan menu tertera Big Mac $2.45 (Rp 38.517), BigMac Meal $4.59 (Rp 72.160), enam potong McNuggets hanya $2.35 (36.944), Happy Meal $3.36, (Rp. 52.823), dan sebutir telur McMuffin berharga $1,65 (Rp 25.937).

Toko McD Bekas Tahun 1994 Ini Bakal Bikin Kejutan, Menunya Murah Banget!Hal yang menarik perhatiannya adalah menu-menu di papan menu ini dinilai sangat murah. Foto: Instagram / Chris Luckhardt

Harganya tentu mengejutkan. Sejak saat ini harga menu makanan di McDonald's meroket. Seperti Big Mac, kentang goreng dan minuman yang harganya mencapai $18 (Rp 282 ribu) di beberapa lokasi.

McDonald's juga melaporkan peningkatan pendapatannya yang dipengaruhi oleh kenaikan harga menu. Namun harga menunya juga berbeda antara satu lokasi dengan lokasi lainnya.

Di Indonesia, menu McD seperti Big Mac dibanderol mulai dari Rp43.500 hingga Rp66.000 per paket. Paket nuggetnya juga dibanderol mulai dari Rp 55.000.

Menurut nypost.com (27/02), David Klyman, ahli strategi keuangan di Klyman Financial, menjelaskan kepada Huffpost bahwa harga barang yang dijual di McD's berkaitan dengan inflasi. Namun hal ini juga terkait dengan properti finansial, harga bahan bakar, suku bunga, dan biaya asuransi.

Toko McD Bekas Tahun 1994 Ini Bakal Bikin Kejutan, Menunya Murah Banget!Selain harga menunya, ada juga nama menu unik di McD lawas ini. Foto: Instagram / Chris Luckhardt

Selain faktor ekonomi daerah, seperti upah minimum, pajak properti, biaya sewa dan lain-lain, pemilik waralaba juga bebas menghitung sendiri patokan harganya. Itu sebabnya harga menu McD di tiap outlet berbeda-beda.

Sebagaimana dinyatakan di situs McDonald's, “Harga McDonald's bervariasi berdasarkan lokasi. Sembilan puluh persen restoran McDonald's dimiliki dan dioperasikan secara independen oleh pewaralaba, yang memiliki kemampuan untuk menetapkan harga sendiri.

Meski begitu, masih banyak yang kaget dengan harga McD yang murah sebelumnya.

Menonton video “Fenomena Makanan BTS Terulang Lagi di McD x Menu Jeans Baru
[Gambas:Video 20detik]
(Aqr/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *