Jakarta

Memiliki umur panjang merupakan dambaan setiap manusia. Namun hanya sedikit yang bisa mencapai usia 95 hingga 100 tahun ke atas.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi umur panjang manusia, salah satunya adalah faktor genetik. Selain itu, menjaga pola makan sehat secara rutin bisa membantu Anda hidup lebih lama lho.

Nah, beberapa orang tertua di dunia punya rahasia mengatur pola makannya setiap hari. Seperti apa? Baca lebih lanjut di artikel ini.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Rahasia Diet Pria Tertua di Dunia

Beberapa orang tertua di dunia berbagi beberapa tips agar bisa berumur panjang. Ternyata, salah satu rahasianya adalah menjaga pola makan.

Lantas, apa pola makan untuk orang yang berumur lebih dari 100 tahun? Mengutip dari berbagai sumber, inilah rahasianya.

Jangan Makan Daging

Kakek berusia 100 tahun asal Pennsylvania, AS, Les Savino, berbagi tips agar bisa berumur panjang. Salah satu tipsnya adalah dengan rutin mengonsumsi sayuran segar dan makanan laut.

Les Savino mengaku tak melakukan diet khusus. Namun, dia tidak suka makan steak atau daging olahan lainnya.

Meski begitu, Les Savino masih sering menikmati martini, yaitu cocktail yang terbuat dari gin dan vermouth kering. Dia meminum martini sebagai 'hadiah' tetapi tidak pernah meminumnya.

Perbanyak asupan sayuran dan ikan

Banyak masyarakat yang tinggal di kawasan Zona Biru memilih makan sayur dan ikan dibandingkan daging. Gaya hidup sehat memungkinkan sebagian warga dapat hidup lebih lama.

Sedikit informasi, kawasan Blue Zone meliputi Okinawa, Jepang; Sardinia, Italia; Nicoya, Kosta Rika; dan Ikaria, Yunani.

Sejumlah peneliti ingin mengetahui seperti apa pola makan masyarakat yang tinggal di Zona Biru. Salah satunya dilakukan oleh penulis National Geographic, Dan Buettner.

Dan ditemukan bahwa masyarakat di kawasan Zona Biru tidak banyak mengonsumsi daging. Total konsumsinya tidak lebih dari 56 gram untuk setiap kali makan lima kali sebulan.

Mereka justru suka mengonsumsi makanan yang banyak mengandung sayur-sayuran. Misalnya saja penduduk Ikaria, hampir 20% makanan yang dikonsumsinya terdiri dari sayuran hijau dan 11% kacang-kacangan.

Selain itu, masyarakat di kawasan Zona Biru lebih memilih ikan sebagai sumber protein dibandingkan daging. Beberapa jenis ikan favorit mereka berukuran kecil, seperti sarden dan ikan teri (mirip dengan ikan teri).

Bukan tanpa alasan, karena ikan kecil mengandung lebih sedikit merkuri dibandingkan ikan besar, misalnya tuna, salmon, dan nila.

Lanjutkan konsumsi makanan dan minuman favorit Anda

Menjaga pola makan bukan berarti tidak mengonsumsi makanan atau minuman favorit. Sebab, ada seorang nenek yang berusia lebih dari satu abad namun menyukai minuman soda. Bagaimana bisa?

Sosok nenek tersebut adalah Kane Tanaka. Wanita asal Jepang ini lahir pada tahun 1903 dan melanjutkan hidupnya hingga berusia 119 tahun. Wow!

Semasa hidupnya, Tanaka rupanya merupakan salah satu penggemar minuman soda yakni Coca-Cola. Bahkan, ia diberi kado istimewa oleh perusahaan asal AS tersebut.

Seperti yang kita ketahui, terlalu banyak mengonsumsi minuman berkarbonasi dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Namun ternyata, Tanaka mampu berumur panjang lebih dari 100 tahun.

Kane Tanaka juga suka minum kopi dan coklat. Sejujurnya, dia tidak punya rahasia tentang pola makan sehat. Tanaka menganut prinsip menikmati makanan dan minuman kesukaannya sekaligus membuat mereka merasa bahagia.

“Lakukan apa yang kamu suka. Makanlah makanan yang kamu suka. Aku bisa menikmati setiap hari yang aku jalani selama ini,” kata Kane Tanaka.

Kane Tanaka meninggal pada 19 April 2022 dalam usia 199 tahun. Dia menerima gelar wanita tertua di dunia oleh Guinness World Records.

Itulah rahasia panjang umur dibandingkan orang tertua di dunia. Mulai sekarang jaga pola makanmu, yuk!

Menonton video “Melihat Bisnis Bawang Goreng 'Enak' Pasangan Depok
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *