Jakarta

Nama makanan juga sering digunakan sebagai istilah penyakit, karena kondisi medis ini sama dengan makanan. Seperti ruam blueberry hingga perut semangka.

Selain menggunakan istilah ilmiah, ada beberapa penyakit yang diberi nama berdasarkan makanan populer. Seperti anggur, semangka, dan kembang kol.

Banyak peneliti dan pakar kesehatan yang menamai penyakit atau virus dengan menggunakan nama makanan. Faktanya, penyakit tertentu memiliki bentuk atau kondisi yang sama dari makanan tersebut.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Misalnya Blueberry Muffin Rash yang merupakan penyakit kulit yang biasa menyerang bayi. Lalu ada Semangka Sakit perut atau perut yang menyebabkan bagian dalam perut menjadi kemerahan seperti warna semangka.

Laporan dari Viral Serv (05/03), berikut lima penyakit yang diberi nama berdasarkan makanan.

1. Noda Anggur Port

Wanita cantik dengan noda port-wine (tanda lahir) di wajahnya.Ilustrasi Noda Anggur Port. Foto: thinkstock

Anggur ini terkenal dengan warna merah tua hasil fermentasi buah anggur. Ternyata nama wine juga pernah dijadikan sebagai nama kelainan kulit bernama Port Wine Stain.

Kelainan kulit ini sebenarnya adalah tanda lahir berwarna ungu kemerahan. Tanda lahir ini bentuknya tidak beraturan, seperti orang menumpahkan anggur. Jadi tanda lahir ini disebut Port Wine Stain atau noda anggur.

Dari penjelasan medis yang ada, Port Wine Stain muncul setelah dinding pembuluh darah melebar, kondisi ini biasa juga disebut dengan nevus flammeus.

2. Telinga Kembang Kol

Gigitan Kembang Kol BBQ Gigitan Kembang Kol Foto: BuzzFeed

Kembang kol enak dijadikan variasi sayuran tumis atau sebagai topping makanan lainnya. Namun dalam dunia medis, telinga kembang kol dikenal sebagai kelainan telinga yang disebabkan oleh trauma benda tumpul.

Dikenal juga dengan sebutan hematoma perikondrial, biasanya area telinga mengalami trauma setelah terbentur benda tumpul dan menimbulkan masalah pada daun telinga. Gangguan ini muncul setelah telinga mengalami pembengkakan hingga menyerupai bentuk kembang kol.

Salah satu gejala Telinga Kembang Kol adalah telinga berdenging, kemudian kesulitan mendengar, sakit kepala, dan penglihatan kabur. Kondisi telinga kembang kol biasanya dialami oleh para atlet profesional atau seniman bela diri yang telinganya sering mengalami cedera.

3. Perut Semangka

Ilustrasi semangkaIlustrasi semangka Foto: Getty Images/iStockphoto/463421fc_202

Semangka merupakan buah yang populer, terutama di musim panas. Buah yang banyak mengandung air ini memiliki banyak nutrisi dan vitamin untuk tubuh, namun warna merah pada semangka dikaitkan dengan gangguan lambung.

Itulah Perut Semangka, suatu kondisi dimana lambung mengalami pendarahan sehingga menimbulkan garis merah seperti semangka, saat dokter melakukan endoskopi pada perut pasien.

Kondisi ini bisa menyerang pria atau wanita mana pun tanpa memandang usia. Namun, dokter menyatakan bahwa kebanyakan penderita Perut Semangka adalah wanita berusia di atas 70 tahun.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *