Jakarta

Selain durian, ternyata masih banyak buah-buahan asal Asia yang dianggap eksotik. Setiap buah mempunyai ciri khas dan keunikannya masing-masing.

Asia adalah rumah bagi buah-buahan eksotis yang lezat. Jarang diketahui banyak orang, ada beberapa buah asli Asia yang tak kalah nikmatnya dengan buah-buahan populer lainnya.

Luasnya wilayah Asia membuat produksi buah di setiap negara berbeda-beda. Beberapa negara di Asia mempunyai buah-buahan unik yang namanya masih asing di telinga banyak orang.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Seperti buah matoa yang berasal dari Papua dan bentuknya menyerupai telur puyuh. Lalu ada juga buah kawista yang berasal dari India dan sekitarnya yang terkenal memiliki aroma yang tajam seperti durian dan masih banyak lagi.

Laporan dari List25 (08/03), berikut lima buah asal Asia yang jarang diketahui banyak orang.

1.Vu Sua

Jika Anda pernah berkunjung ke Vietnam pasti sudah tidak asing lagi dengan jalanan Hanoi yang penuh dengan penjual buah-buahan di pinggir jalan dan di atas perahu kayu. Sama seperti Indonesia, Vietnam juga merupakan gudangnya buah-buahan eksotis yang lezat.

Salah satunya adalah vu sua, atau buah kenitu dalam bahasa Indonesia. Buah ini berarti 'susu dari payudara'. Namanya populer karena rasa vu sua yang mirip dengan susu yang creamy dan manis.

Dikenal juga dengan nama belimbing, buah ini memiliki tekstur berdaging lembut dengan lubang kecil di bagian atas buah yang bisa dijadikan jus untuk diminum. Buah ini juga enak jika dijadikan jus atau campuran es buah.

2. Yuzu

Kapur Jepang 'Yuzu' diisolasi dengan latar belakang cahayaJeruk nipis Jepang 'Yuzu' diisolasi dengan latar belakang terang Foto: Getty Images/iStockphoto/Wako Megumi

Yuzu merupakan tanaman jeruk yang berasal dari Jepang dan merupakan buah langka yang memiliki rasa yang unik. Para juru masak sering kali memburu buah yuzu untuk dimasukkan ke dalam masakan yang mereka buat.

Harganya juga cukup tinggi karena jumlahnya tidak banyak. Buah ini memiliki ciri lebih kecil dari jeruk bali dan memiliki permukaan kulit yang kasar.

Rasa buah ini sedikit asam dan menyegarkan. Sama seperti matoa, buah yuzu juga memiliki kombinasi rasa jeruk mandarin, grapefruit, dan jeruk nipis. Ada juga yang mengatakan Yuzu berasal dari China dan Tibet.

3. Palu

Ilustrasi buah Matoa.Ilustrasi buah Matoa. Foto: Sena Achari/detikcom

Mungkin banyak yang belum tahu kalau Papua punya banyak buah-buahan asli Indonesia. Salah satunya adalah buah matoa yang banyak tumbuh di Papua dan tinggi pohonnya bisa mencapai 18 meter.

Buah ini bisa tumbuh di dataran rendah maupun tinggi. Bentuknya lonjong dan mirip dengan ukuran telur puyuh atau seukuran buah pinang. Sedangkan warna buah ini agak ungu dan hijau saat masih mentah.

Bagian dalam buahnya sangat mirip dengan kelengkeng dan memiliki tekstur yang manis dan kenyal. Yang unik dari buah matoa adalah memiliki kombinasi rasa kelengkeng, rambutan, hingga durian yang bikin nagih.

Menonton video “Melihat Bisnis Bawang Goreng 'Enak' Pasangan Depok
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *