Jakarta

Selain lauk kering, kuahnya juga banyak diolah sebagai persiapan berbuka puasa. Jika ingin yang gurih, cobalah membuat kaldu tulang sapi dengan cara ini. Memasak pun jadi lebih praktis!

Sebelum berpuasa, perlu menyiapkan berbagai macam makanan. Bagi Anda yang suka memasak kuah dan tumisan juga tidak boleh ketinggalan.

Kuahnya bisa dibuat dari beberapa jenis daging dan tulang, termasuk kaldu tulang sapi yang populer. Saus ini populer untuk membuat sop atau sop bakso agar lebih nikmat.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Kaldu tulang sapi juga bisa ditambahkan pada tumisan atau saus sebagai penyedap rasa alami. Cara membuatnya juga cukup mudah dan idealnya juga memiliki stok yang banyak.

Jika ingin membuat kaldu tulang sapi, berikut 5 tipsnya:

1. Gunakan tulang kaki sapi

Makanan seimbang Biological Raw Food for dog (BARF) dengan sumsum tulang segar, daging cincang, sayuran, dan yogurtFoto: iStock

Tulang kaki sapi sangat cocok untuk dijadikan kaldu karena mengandung sumsum sehingga bisa dijadikan kaldu yang nikmat secara alami. Jika ingin lebih enak, Anda bisa menambahkan irisan daging sapi dengan potongan lemak. Namun, hindari menggunakan terlalu banyak lemak karena kuahnya bisa menjadi berminyak.

Tulang kaki sapi banyak dijual di pasar tradisional. Bisa beli 2-3 lalu minta penjualnya dipotong jadi 2 bagian. Cuci tulang ini sampai bersih sebelum direbus.

2. Didihkan dengan api kecil

Saat merebus, perhatikan besar kecilnya api. Pastikan menggunakan api kecil atau biasa disebut dengan mendidih. Teknik ini memungkinkan kuah yang dihasilkan tidak keruh.

Saat mendidih, buang sisa buih dan busa di permukaan kaldu. Masak terus dengan api kecil hingga kuahnya bening dan mengeluarkan aroma harum.

3. Tambahkan bumbu

Makanan seimbang Biological Raw Food for dog (BARF) dengan sumsum tulang segar, daging cincang, sayuran, dan yogurtFoto: iStock

Agar sop tulang sapi lebih gurih, Anda bisa menambahkan bumbu. Jika dimaksudkan untuk bakso, tambahkan bawang putih cincang yang sudah ditumis hingga harum. Kemudian tambahkan merica dan garam sesuai selera.

Jika ingin membuat kuahnya menjadi kuah, tambahkan tumisan bawang bombay cincang, pala, merica, dan garam secukupnya. Anda juga bisa menambahkan sayuran sesuai selera.

4. Simpan kuahnya

Sop tulang sapi yang sudah jadi bisa dibekukan di lemari es agar tahan lebih lama. Simpan dalam kantong plastik kecil yang tebal agar bisa meleleh sekaligus. Kuahnya bisa bertahan hingga sebulan.

Cara lainnya adalah dengan memasukkan kaldu ke dalam cup silikon yang biasa digunakan untuk cetakan kue. Jika sudah benar-benar beku, masukkan ke dalam wadah kedap udara lalu masukkan kembali ke lemari es. Bila ingin digunakan untuk memasak, Anda bisa mengeluarkannya dalam ukuran pribadi. Yang harus Anda lakukan adalah melelehkannya dalam wajan dengan api sedang selama beberapa menit.

(adr/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *