Jakarta

Memasuki Ramadhan, penting untuk mempersiapkan tubuh agar tidak lemas dan berat badan tidak bertambah setelah sebulan berpuasa. Ternyata ini adalah pola makan yang benar.

Memasuki bulan Ramadhan, umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa. Dari fajar hingga senja, mereka harus menahan nafsunya, tidak makan dan minum.

Di awal masa ini, tubuh pasti membutuhkan adaptasi. Agar Anda tidak lemas dan tidak makan terlalu banyak kalori, ada beberapa tips puasa sehat yang bisa Anda lakukan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Ahli gizi dari Perhimpunan Peneliti Obesitas Indonesia, Gaga Irawan Nugraha mengatakan, memiliki berat badan ideal setelah puasa sebenarnya tidak sulit. Asalkan selama berpuasa Anda bisa menjalani pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan bergizi yang kaya nutrisi.

“Gak susah kok, asal niatnya ada. Puasa bukan berarti kalau berbuka puasa bebas makan apa saja, yang penting kendalikan pikiran soal makan,” ujar Gaga dalam acara selebrasi tersebut. Hari Obesitas Sedunia. 2024 digelar Novo Nordisk di Jakarta, Jumat (1/3).

Gaga membagikan tips puasa agar tetap sehat dan menurunkan berat badan saat berpuasa. Berikut beberapa tipnya:

1. Makan buah yang berair

Ilustrasi semangkaIlustrasi semangka Foto: Getty Images/skodonnell

Air merupakan kebutuhan terpenting saat berbuka puasa. Daripada meminum minuman manis dengan kandungan gula tinggi, lebih baik pilih buah-buahan yang mengandung air.

Misalnya semangka, melon, dan pir. Tentunya sebelum mengonsumsi buah-buahan tersebut, Anda juga disarankan untuk minum air putih terlebih dahulu.

2. Makan seberat-beratnya

Nasi lengkap dan lauk pauknya sangat penting saat berpuasa. Pilihlah nasi dengan sayur dan protein lengkap setiap sahur dan sahur.

“Di piring harus ada nasi, protein, sayur juga. Protein tidak harus daging, tempe, tahu, telur boleh,” ujarnya.

Menonton video “Pemantauan Bulan Sabit Awal Ramadhan 2024 di Jakarta
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *