Jakarta

Kopi memiliki sifat asam yang dapat menyebabkan iritasi bagi mereka yang memiliki perut sensitif. Hal ini bisa diatasi dengan menambahkan baking soda pada kopi.

Kopi merupakan minuman asam dengan pH sekitar 5. Orang dengan kondisi lambung sensitif akan mengalami berbagai gejala yang mengganggu kesehatannya.

Namun, ada tips untuk mengurangi efek keasaman kopi dan juga mengurangi rasa pahitnya. Tipsnya campurkan kopi dengan sejumput baking soda.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Dikutip dari Kopi Impian Anda (18/01/24) berikut penjelasannya:

1. Meningkatkan karakter kopi

Sama-sama Kopi Hitam, Apa Bedanya Kopi Americano, Long Black, dan Tubruk?Kopi yang dicampur dengan baking soda dapat meningkatkan karakteristik kopi. Foto: Getty Images/grandriver

Tak hanya bisa menghasilkan adonan kue, baking soda juga cocok untuk dicampurkan ke dalam kopi seduh. Soda kue akan menetralkan asam alami dari kopi.

Selain itu baking soda juga akan meningkatkan karakter kopi seperti memberikan sentuhan manis dan mengurangi rasa pahit pada kopi. Dengan begitu, kopi menjadi lebih halus dan terasa lebih enak.

Menambahkan soda kue ke dalam kopi tidak akan menimbulkan efek buruk apa pun. Bahkan, kopi dengan keasaman rendah juga akan mengurangi kemungkinan terjadinya sakit maag, refluks, dan sakit perut.

2. Takar baking soda untuk campuran kopi

Cara terbaik untuk menambahkan baking soda ke dalam kopi adalah dengan mencampurkannya langsung ke dalam kopi sebelum diseduh dalam air panas.

Namun, perhatikan jumlah baking sodanya agar tidak terlalu banyak. Anda bisa menambahkan setengah sendok teh hingga satu sendok teh soda kue ke dalam secangkir kopi.

Jumlah tersebut akan menurunkan tingkat keasaman kopi, melunakkan rasa pahit, dan meningkatkan rasa manis serta membuat kopi terasa lebih nyaman di perut.

Menonton video “M. Aboe Talib Kedai Kopi Tabanan Menyajikan Kopi Susu Saring Sejak Tahun 1940
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *