Jakarta

Takjil menjadi incaran banyak orang saat berbuka puasa. Di Malaysia ada beberapa kue dan takjil yang juga populer di Indonesia.

Disebut serumpun, sebagian besar budaya dan kuliner tradisional Malaysia sama dengan yang terdapat di Indonesia. Seperti takjil atau makanan dan minuman manis favorit Malaysia, semuanya bisa ditemukan di Indonesia.

Letaknya yang berdekatan, membuat hubungan Malaysia dan Indonesia ibarat hubungan saudara kandung yang penuh warna. Meski masyarakat Malaysia dan Indonesia sering berselisih paham soal budaya, tradisi, bahkan asal usul makanan, namun pada akhirnya perbedaan tersebut tetap menjadikan Malaysia dan Indonesia seperti saudara.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Termasuk dalam budaya tajil atau jajanan manis tradisional yang menjadi favorit masyarakat Malaysia. Hampir semua makanan manis di Malaysia bisa ditemukan di Indonesia, yang membedakan hanya nama dan julukannya saja. Makanan ini juga kerap menjadi incaran saat berbuka puasa.

Dilansir dari Taste Atlas dan sumber lainnya (13/03), berikut lima kue dan minuman manis asal Malaysia yang bisa ditemukan di Indonesia.

1. Dimana-mana

5 Dessert Favorit Orang Malaysia, Semua Ada di Indonesia5 Dessert Favorit Malaysia, Semua Ada di Indonesia Foto: situs resep

Di Indonesia, nama onde-onde atau klepon menjadi perbincangan di kalangan netizen. Pasalnya hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai julukan tersendiri untuk jajanan manis yang bentuknya seperti bola hijau yang ditaburi serutan kelapa ini.

Di Malaysia, makanan penutup ini lebih dikenal dengan nama Onde-onde atau Buah Melaka. Karena Onde-onde paling terkenal di Melaka, Negeri Sembilan, Kelantan dan Selangor.

Terbuat dari tepung ubi jalar dan campuran tepung sagu. Manisnya bola-bola manis ini tak lepas dari peran manis dan lengketnya santan serta gula merah. Untuk menyeimbangkan rasa manisnya, serutan kelapa menjadi hiasan wajib yang nikmat.

2. Itu Cendol

Manis Segar! 20 Es Cendol Durian Yang Bisa Anda Beli Di Sini Ais Cendol Durian Foto: Instagram

Es cendol merupakan jajanan pinggir jalan favorit di Malaysia dan Indonesia. Bahkan, karena cendol, Malaysia berebut dengan Singapura karena asal usul cendol yang diklaim masing-masing negara. Apalagi saat bulan puasa, es cendol menjadi menu takjil favorit di dua negara tersebut.

Minuman atau hidangan penutup ini cukup unik dan populer di Asia Tenggara. Cendol terbuat dari olahan tepung beras yang dibentuk dengan menggunakan saringan. Lalu disajikan dengan sedikit air gula dan tambahan santan manis.

Untuk menambah cita rasa, biasanya ditambahkan es serut sebagai topping. Di Malaysia, cendol menggunakan kacang merah dan bentuknya lebih pipih. Sedangkan cendol di Indonesia lebih sederhana, kadang ditambahkan gula aren dan sirup nangka.

3. Kuih Serimuka

5 Dessert Favorit Orang Malaysia, Semua Ada di Indonesia5 Dessert Favorit Malaysia, Semua Ada di Indonesia Foto: situs resep

Kuih Serimuka termasuk dalam rangkaian makanan penutup atau jajanan manis yang digandrungi di Malaysia. Di Indonesia sendiri namanya lebih familiar dengan Kue Sarimuka, hanya ejaannya yang berbeda namun bahan dan rasanya hampir sama.

Kuih Serimuka terdiri dari dua lapisan atau lapisan yang berbeda. Bagian bawah kuenya terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan. Lalu di atasnya ada srikaya yang terbuat dari telur, santan kental, ditambah gula dan garam.

Nah, di Indonesia sendiri kue Sarimuka biasanya dibuat dengan menggunakan tambahan daun suji atau pandan untuk gradasi warna hijau. Rasanya lembut dan manis dari srikaya. Kue ini berasal dari Banjarmasin Kalimantan Selatan yang dulunya dijadikan jajanan pasar.

Menonton video “Berbuka puasa sambil naik KRL-Transjakarta? Baca Peraturannya!
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *