Jakarta

Jengkol merupakan salah satu jenis buah yang tersebar luas di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Dikenal dengan aromanya yang khas, biasanya setelah makan jengkol akan ditinggalkan bau yang kurang sedap.

Bau yang tertinggal di mulut tentu akan mengganggu aktivitas dan membuat Anda kurang percaya diri. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara menghilangkan bau jengkol di mulut.

Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

Cara menghilangkan bau mulut seperti jengkol bisa dilakukan dengan mengonsumsi timun dan minum susu. Berikut penjelasannya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

1. Makan Mentimun

Sayuran berserat seperti mentimun akan meningkatkan produksi air liur. Mengutip Katanya, ini membantu menghilangkan bakteri penyebab bau di mulut.

Mentimun sendiri mengandung fitokimia yang mampu menghancurkan bakteri penyebab bau mulut. Anda bisa makan mentimun atau meletakkan sepotong mentimun di antara lidah dan langit-langit mulut Anda.

2. Kunyah Biji Kopi Hitam

Kopi hitam sering digunakan untuk menghilangkan bau jengkol di mulut. Biji kopi dikenal mampu menghilangkan bau.

Anda bisa mengunyah beberapa biji kopi sangrai dan mengunyahnya sekitar satu menit. Jangan berlebihan karena biji kopi mengandung banyak kafein. Alternatifnya, Anda bisa menyeduh kopi tanpa gula atau kopi pahit.

3. Minum Teh Hijau

Teh hijau memiliki sifat antibakteri yang mampu melawan kuman di mulut dan menjaga kesegaran nafas. Anda bisa meminum teh hijau untuk menghilangkan bau mulut akibat jengkol.

4. Kunyah Rempah-rempah

Memilih Goody Feed, rempah-rempah seperti kapulaga, ketumbar, dan biji adas dapat membantu menghilangkan bau mulut akibat makanan berbau menyengat.

Biji adas mengandung minyak aromatik yang mempermanis nafas secara alami, sedangkan mengunyah kapulaga mengeluarkan aroma yang menyegarkan. Biji ketumbar juga memiliki rasa aromatik yang mampu menutupi bau mulut.

5. Makan Daun Mint dan Peterseli

Daun mint atau peterseli dapat membantu mengatasi bau mulut. Anda bisa memetik beberapa daun dan mengunyahnya selama beberapa menit. Daun mint akan memberikan nafas segar dan bersih, sedangkan peterseli mengandung sifat penghilang bau alami.

6. Minum Susu

Susu diketahui memiliki sifat netral. Kandungan senyawa alil metil sulfida pada susu akan membantu menghilangkan aroma tidak sedap akibat mengonsumsi jengkol.

7. Obat Kumur dan Air Lemon

Makanan penutupnya akan memberikan nafas yang segar dan harum. Sedangkan air lemon berfungsi menciptakan lingkungan asam, dimana bakteri jahat penyebab bau mulut dihilangkan

Itulah beberapa cara sederhana menghilangkan bau jengkol di mulut. Selamat mencoba, detikers.

Menonton video “Bikin Lapar: Rekomendasi Tempat Makan Jengkol Semur Sedap di Jakarta
[Gambas:Video 20detik]
(garis/garis)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *