Jakarta

TikTok penuh dengan video tips diet hingga pola makan yang sehat dan tidak sehat, seperti tren diet starvemaxxing yang berbahaya bagi kesehatan.

TikTok menjadi salah satu media sosial yang paling banyak diakses oleh masyarakat di berbagai negara saat ini. Setiap harinya ada ratusan ribu konten yang datang silih berganti, termasuk tren terkait pola makan, pola makan, dan menjaga penampilan.

Melaporkan dari DailyMailUK (13/03), tren terbaru muncul di TikTok yang mendorong pria dan remaja putra untuk makan sesedikit mungkin untuk mendapatkan garis rahang yang lancip.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Tren ini disebut juga 'starvemaxxing', jika diartikan 'starvation' berarti kelaparan. Tren ini mendorong pria untuk mengurangi porsi makannya. Meski berhari-hari tidak makan untuk membakar lemak di tubuh, agar lekuk dan garis wajah terlihat lebih menarik.

Tidak mengonsumsi makanan apa pun selama berhari-hari jelas sangat berbahaya bagi tubuh.

Salah satu TikToker yang mempromosikan diet berbahaya ini adalah @xavier1x1, ia kerap mengunggah video bentuk wajahnya terutama rahang dengan caption tiga hari belum makan.

bahaya! Pola Diet 'Starvemaxxing' Tanpa Makan Berhari-haribahaya! Pola Diet 'Starvemaxxing' Tanpa Makan Berhari-hari Foto: Berita Laman/TikTok

Begitu pula dengan akun TikTok @guapo._02, ia bangga dengan bentuk rahangnya setelah berhari-hari melakukan 'starvemaxxing'.

Kebanyakan pengguna TikTok yang melakukan 'starvemaxxing' sengaja tidak makan apa pun selama tiga hari. Tentu saja pola makan tersebut sangat berbahaya dan dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan makan.

“Tren menonton 'starvemaxxing' secara online tidak akan menyebabkan gangguan makan. Namun tren yang berfokus pada bentuk tubuh dan diet ekstrem jelas sangat berbahaya,” jelas Tom Quinn selaku pakar gangguan makan di Charity Beat.

“Misalnya seseorang yang sudah mempunyai kelainan makan, ketika melihat tren seperti ini maka akan terpacu untuk berdiet dan melakukan hal-hal yang lebih ekstrim,” lanjut Tom.

bahaya! Pola Diet 'Starvemaxxing' Tanpa Makan Berhari-haribahaya! Pola Diet 'Starvemaxxing' Tanpa Makan Berhari-hari Foto: Berita Laman/TikTok

Meski kebanyakan orang mengira gangguan makan seperti anoreksia hanya menyerang remaja perempuan dan perempuan, data yang ditunjukkan Young Minds justru sebaliknya.

Sekitar 25% penderita gangguan makan seperti anoreksia adalah laki-laki. Jadi 'starvemaxxing' ini sangat berbahaya jika dilakukan terus menerus.

Sebab bila tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang tepat maka dapat menimbulkan masalah pada ginjal, sistem imun, otot, tulang, dan saluran pencernaan.

Menonton video “Nenek Yanah Viral Karena Tutorial Memasak yang Konyol
[Gambas:Video 20detik]
(menangis/marah)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *