Jakarta

Karena kesalahpahaman, restoran sushi ini mendapat ulasan buruk dari pembuat konten. Pasalnya, restoran berbintang Michelin ini menyajikan porsi kecil untuk wanita.

Masakan Jepang yang lezat dan selalu mengedepankan kesegaran dalam setiap masakannya selalu menjadi daya tarik dimana-mana. Bahkan di Amerika Serikat, banyak restoran yang menggunakan gaya tradisional Jepang.

Namun perbedaan budaya seringkali menjadi penghalang antara restoran dan pelanggan asingnya. Dekorasi, rasa makanan, dan cara penyajiannya seringkali menjadi perdebatan karena perbedaan budaya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Kehebohan diberitakan Today (12/3) setelah tudingan dilontarkan terhadap sebuah restoran sushi berbintang Michelin di New York City, Amerika Serikat. Sebuah restoran bernama Sushi Noz milik seorang chef bernama Nozomu Abe. Dia mendedikasikan hidupnya untuk membuat sushi asli Jepang.

Sajikan Porsi Kecil untuk Wanita, Restoran Sushi Bintang Michelin BantahSebuah restoran berbintang Michelin mendapat kecaman setelah dituduh oleh pembuat konten melakukan diskriminasi terhadap pelanggan wanita. Foto: Hari ini

Chef Abe bahkan tetap menjaga keaslian seluruh sudut restorannya dengan tidak menggunakan paku sama sekali pada bangunan restoran yang didirikannya di Amerika Serikat tersebut. Ia juga sengaja menggunakan lemari es yang terbuat dari kayu hinoki tradisional Jepang sebagai pengganti lemari es konvensional di restorannya.

Ada beberapa aturan yang diterapkan chef Abe yang mungkin terdengar agak nyentrik. Restoran sushi ala omakase ini melarang tamunya menggunakan parfum atau pengharum badan karena takut mengganggu cita rasa asli makanan yang akan disajikan.

Namun upayanya untuk menjaga keaslian referensi restoran sushi keturunan Jepang tersebut belakangan menimbulkan kegaduhan. Ulasan negatif yang ditinggalkan pembuat konten Luis Carlos Zaragoza dan kawan-kawan menjadi pemicu utamanya.

Salah satu teman perempuan Zaragoza mengatakan dia diberitahu bahwa dia akan mendapatkan porsi makanan yang lebih kecil dengan harga yang sama. Dalam video tersebut, Zaragoza mengaku membayar Rp10,8 juta per orang untuk mendapatkan layanan omakase tersebut.

Sajikan Porsi Kecil untuk Wanita, Restoran Sushi Bintang Michelin BantahSetelah banyak protes, pihak restoran memberikan penjelasan. Foto: Hari ini

“Bagian tentang porsi lebih kecil untuk wanita membuat darah saya mendidih. Kontrol porsi yang dipaksakan di zaman sekarang ini adalah hal yang gila dan itu murni seksisme, apalagi harganya sama,” tulis salah satu komentar yang paling banyak disukai.

Menanggapi kesalahan tersebut, restoran Sushi Noz angkat suara. Mereka mengaku ada standar operasional prosedurnya, tamu akan ditanyai menu makanan baru. Berapa porsi yang ingin Anda sajikan?

Hal ini sengaja dilakukan pihak restoran agar para tamu tidak kenyang sebelum set menu omakase disajikan. Merupakan hal yang normal dan dapat diterima jika pelanggan menolak untuk mendapatkan menu yang lebih kecil.

Perbedaan budaya yang diakui restoran seringkali menjadi kendala dalam menerapkan aturan sesuai gaya makan asli Jepang. Namun mereka menyayangkan setelah 6 tahun beroperasi, baru kali ini mereka mendapat ulasan buruk sehingga mencoreng citranya.

Menonton video “(RAMADAN SEHAT) Lebih baik berbuka puasa dengan minuman hangat atau dingin?
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *