Jakarta

Bayam merupakan salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi oleh orang-orang. Umumnya bayam diolah dengan cara direbus dan dimakan selagi hangat.

Untuk menambah rasa, bayam bisa ditambah sedikit garam, irisan cabai merah, bawang putih dan bawang merah. Cara ini cukup efektif bagi Anda yang kurang menyukai sayuran hijau, karena kuahnya memiliki rasa yang asin dan pedas.

Selain mudah diolah, bayam juga mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan. Ingin tahu apa saja manfaat bayam? Simak di artikel ini.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Kandungan Nutrisi Bayam

Dalam buku The Miracle of Sayuran, bayam kaya akan serat. Selain itu, dalam 100 gram bayam juga terdapat beberapa nutrisi lain, mulai dari:

  • Karbohidrat: 6,5 gram
  • Kalori: 36 kkal
  • Protein: 3,5 gram
  • Kalsium: 265mg
  • Fosfor: 67 mg
  • Besi: 3,9 mg
  • Vitamin A: 6.090 SI
  • Vitamin B: 0,08mg
  • Vitamin C: 80 mg
  • Air: 86,9 gram

Manfaat Sayuran Bayam

Ada beberapa manfaat bagi tubuh jika rutin mengonsumsi bayam. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaatnya.

1. Sebagai antioksidan

Manfaat bayam yang pertama adalah sebagai antioksidan. Hal ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal ini dikarenakan bayam memiliki kandungan oksidan tinggi yang mampu memberikan perlindungan dan mengusir radikal bebas dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh tidak mudah sakit.

Mengutip Web MD, bayam diketahui kaya akan potasium dan magnesium. Sayuran hijau ini juga dikenal sebagai sumber alami nitrat, yaitu senyawa yang membuka pembuluh darah.

Lalu, bayam juga mengandung sejumlah mineral, salah satunya potasium. Dengan mengonsumsi makanan tinggi kalium, hal ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Menjaga kesehatan mata

Manfaat lainnya adalah dapat menjaga kesehatan mata. Soalnya, kandungan lutein pada bayam dipercaya bisa membantu mengurangi risiko terjadinya age-related macular degenerasi (AMD) atau degenerasi makula. Kondisi ini bisa menyebabkan penglihatan sentral menjadi kabur.

4. Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Kandungan lutein pada bayam juga dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir. Hal ini dibuktikan melalui penelitian pada orang dewasa yang memiliki kadar lutein tinggi.

Hasilnya, orang-orang ini memiliki kemampuan penalaran, kecepatan pemrosesan, dan memori otak yang lebih baik jika dibandingkan dengan orang-orang dengan kadar lutein rendah.

5. Melancarkan Pencernaan

Dilansir situs Medical News Today, bayam yang kaya serat dan air dapat membantu mencegah sembelit pada perut. Selain itu juga membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga sangat cocok bagi Anda yang sering kesulitan buang air besar.

6. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin A pada bayam ternyata dapat membantu pembentukan sel kulit. Dengan begitu, kulit tampak lebih cerah, segar, dan sehat. Tak hanya itu, vitamin A pada bayam juga berfungsi menjaga kesehatan selaput kulit.

7. Mencegah dan mengobati anemia

Manfaat bayam lainnya adalah dapat mencegah dan mengobati anemia. Sebab bayam mampu meningkatkan hemoglobin dalam darah yang dipengaruhi oleh kandungan zat besi.

8. Mencegah Stres

Mengonsumsi bayam secara rutin ternyata bisa mencegah stres. Mengutip Pharm Easy, hal ini disebabkan tingginya kadar zinc dan magnesium yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari, sehingga membuat tubuh lebih rileks dan mengurangi stres.

Para peneliti telah menemukan bahwa bayam dapat membantu mengurangi penyakit kardiovaskular. Sebagai informasi, kardiovaskular merupakan suatu kondisi dimana terjadi masalah pada jantung dan pembuluh darah. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengungkap manfaat tersebut.

Apakah Anda sedang menjalani program diet? Jika iya, cobalah rutin mengonsumsi bayam untuk membantu menurunkan berat badan. Soalnya, bayam tinggi serat namun rendah kalori.

Selain itu, mengonsumsi bayam juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tidak mudah lapar. Terkadang, jika perut mulai terasa lapar, sulit untuk menahan diri untuk tidak ngemil.

Itulah 10 manfaat bayam untuk kesehatan tubuh. Mulai sekarang yuk sering-sering makan bayam!

Menonton video “ 5 Kunci Menjaga Keamanan Pangan
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *